Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sandiaga Uno Minta Pembangunan Borobudur Highland Dipercepat

“Kita harapkan ini dapat menggeliatkan ekonomi, membangkitkan harapan, semangat masyarakat untuk pulih ditengah pandemi dan tantangan ekonomi,” kata Sandiaga melalui siaran pers Rabu (23/6/2021).

Sandiaga sudah menggelar rapat koordinasi membahas pembangunan kawasan pariwisata Borobudur Highland yang terletak di perbukitan Menoreh, perbatasan antara Kabupaten Kulon Progo, Provinsi D.I. Yogyakarta dengan Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Magelang di Provinsi Jawa Tengah.

Kawasan tersebut memiliki luas wilayah kurang lebih 309 hektar, terdiri dari luas lahan 50 hektar akan bersertifikat HPL (Hak Pengelolaan). Sementara, luas lahan 259 hektar dikelola dalam bentuk kerja sama antara BOB dengan Perhutani, dengan prinsip single destination, single management.

Sandiaga mengatakan, percepatan pembangunan Borobudur Highland meliputi rencana pembangunan jalan untuk memudahkan akses menuju Borobudur Highland, serta pembangunan jalan oleh KemenPUPR pada bulan Agustus, dan ditargetkan selesai akhir tahun 2021.

Pembangunan Borobudur Highland mengusung tema cultural adventure eco-tourism, dengan ruang bagi wisatawan yang datang untuk bersantai, dengan alam yang asri dan indah.

Sandiaga mengatakan, untuk proyek resor diproyeksikan memiliki nilai investasi Rp 1,5 triliun, sedangkan untuk nilai infrastruktur dasar diproyeksi sebesar Rp 350 triliun.

Sandiaga juga mengusulkan percepatan pembangunan ini agar turut menghadirkan event yang berbasis eco-tourism dan sport tourism dengan protokol kesehatan yang ketat.

https://money.kompas.com/read/2021/06/24/195431226/sandiaga-uno-minta-pembangunan-borobudur-highland-dipercepat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke