Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui dan Contoh-contohnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah kekayaan yang ada di bumi dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai kelangsungan hidup manusia.

Sesuai dengan namanya, sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui bersifat habis dalam jangka waktu tertentu apabila terus menerus digunakan atau diambil dari alam.

Kekayaan alam ini ini tentu berbeda dengan sumber daya alam yang bisa diperbarui atau terbarukan, di mana alam akan mengisinya kembali atau memperbaharuinya secara alami.

Hal ini menunjukan kalau sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui bersifat yang terbatas. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui lazimnya merujuk pada energi fosil dan tambang lainnya.

Berikut contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui seperti dikutip dari National Geographic:

1. Minyak mentah

Minyak mentah adalah contoh pertama sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui yang paling umum ditemui. Minyak mentah berasal dari fosil purba yang terperangkap di perut bumi.

Setelah ditambang, minyak mental diolah menjadi berbagai jenis bahan bakar seperti bensin, solar, hingga minyak tanah. Selain itu, produk sampingan lain dari minyak bumi adalah plastik dan aspal.

2. Nuklir

Nuklir adalah contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui berikutnya. Nuklir sendiri berasal dari bahan radioaktif berupa uranium yang masuk golongan sebagai mineral tambang.

Selain sebagai pembangkit listrik, uranium banyak digunakan untuk dunia medis, rekayasa pangan, dan sebagainya. Karena sifatnya yang terbatas, membuat nuklir masuk kategori sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

3. Gas alam

Gas alam biasa digunakan untuk memasak di dapur. Penggunaan lainnya, yakni untuk proses pembakaran dan pemanasan di sektor industri seperti sebagai pembangkit tenaga listrik (PLTU).

Gas alam merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui yang seringkali ditemukan bersamaan dengan minyak bumi. Ini karena gas alam juga berasal dari fosil yang membentuk gas metana.

https://money.kompas.com/read/2021/06/27/105011426/sumber-daya-alam-yang-tidak-dapat-diperbarui-dan-contoh-contohnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke