Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

2022, Indonesia Jadi Tuan Rumah Pertemuan Menteri Ketenagakerjaan Negara G20

JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan pertemuan para Menteri Ketenagakerjaan anggota G20 (G20 Labour and Employment Ministers’ Meeting/G20-LEMM) pada 2022.

Berakhirnya G20-LEMM di Italia menandakan Indonesia harus mempersiapkan diri sebagai tuan rumah atau Presidensi G20-LEMM tahun depan.

Saat ini, Kementerian Ketenagakerjaan juga mulai menyiapkan berbagai hal teknis dan nonteknis untuk pelaksanaan G20-LEMM di Indonesia.

"Kita juga memaparkan terkait dengan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah G20, tentunya terkait dengan EWG LEMM, kita akan siapkan dengan sebaik-baiknya," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi melalui siaran pers, Minggu (27/6/2021).

Tahun ini, Anwar mewakili pertemuan Menteri ketenagakerjaan yang dilaksanakan di Catania, Italia, pada 22 hingga 23 Juni 2021.

Selama di Italia, pihaknya terus membangun komunikasi dan kerja sama bilateral dengan negara maupun lembaga internasional, guna menyukseskan agenda tersebut.

"Kita juga sudah menyusun tema-tema yang akan kita bahas dan isu-isu yang akan kita ajukan. Dan selama 2 hari ini, kami sudah bertemu dengan berbagai negara dalam forum bilateral meeting, kita sampaikan gagasan-gagasan tersebut dan intinya mereka semuanya fully support," ujar Anwar.

Pertemuan yang berlangsung selama dua hari tersebut, juga menghasilkan deklarasi bersama Menteri Ketenagakerjaan G20, yang intinya bagaimana Kementerian Ketenagakerjaan memberikan yang terbaik dalam mengantisipasi pandemi Covid-19

Anwar mengatakan, Indonesia bersama negara G20 berkomitmen melaksanakan tiga deklarasi yang mencakup tiga isu prioritas yakni, penciptaan pekerjaan yang lebih baik (decent) dan setara bagi pekerja perempuan, penyesuaian sistem perlindungan sosial yang adaptif dengan perubahan dunia kerja, dan memastikan pekerjaan digital (platform) dan teleworking yang tetap mengedepankan aspek kemanusiaan (humanis).

"Kita berkomitmen untuk menjalankan ketiga komitmen ini, di mana 3 isu prioritas dalam komitmen ini telah mencerminkan tantangan ketenagakerjaan saat ini dan di masa mendatang," jelas Anwar.

https://money.kompas.com/read/2021/06/27/172134626/2022-indonesia-jadi-tuan-rumah-pertemuan-menteri-ketenagakerjaan-negara-g20

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke