Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sri Mulyani Bicara Tax Amnesty dan Limpahan Uang yang Masuk ke Kas Negara

Hal itu disampaikan Sri Mulyani saat bicara tentang perjalanan reformasi pajak di Indonesia dalam rapat rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI, Senin (28/6/2021).

Bendahara negara ini bahkan mengungkapkan, jumlah uang tebusan tax amnesty 2016 merupakan yang terbesar dibandingkan dengan seluruh negara yang pernah melaksanakan program tersebut. Uang tebusan ini langsung masuk ke kas negara.

"Total uang tebusan mencapai Rp 114,54 triliun atau sekitar 0,92 persen dari GDP. Ini adalah total tebusan terbesar (di antara negara) yang pernah melaksanakan tax amnesty," kata Sri Mulyani.

Bendahara negara ini mengungkap, program pengampunan pajak tersebut menjadi catatan bersejarah bagi Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Pasalnya jumlah deklarasi harta yang mencapai Rp 4.884,26 triliun ini mencapai 39,9 persen dari GDP.

"Bayangkan 40 persen dari GDP kita yang tadinya tidak dideklarasikan menjadi dideklarasikan di dalam tax amnesty," tutur dia.

Tak hanya itu, tax amnesty dinilai mendorong kepatuhan wajib pajak yang mengikuti program. Pada periode setelah tax amnesty, terjadi peningkatan kepatuhan penyampaian SPT Tahunan, dengan rasio kepatuhan WP peserta tax amnesty lebih tinggi dibandingkan rasio kepatuhan nasional.

Tercatat penyampaian SPT Tahunan oleh peserta tax amnesty mencapai 91 persen, sementara kepatuhan nasional di rentang 62 persen hingga 75 persen.

Kemudian, PPh Tahunan OP peserta tax amnesty juga melonjak signifikan dari 23,3 persen pada tahun 2016 menjadi 132,5 persen di tahun 2017. Kemudian melonjak lagi sebesar 35,4 persen pada tahun 2018.

"Jadi kurva menggambarkan perbandingan antara peserta dengan yang non tax amnesty, dengan peserta tax amnesty dan dengan angka nasional. Perjalanan yang sangat panjang dari reformasi perpajakan memberikan berbagai hasil yang kami sampaikan," pungkas Sri Mulyani.

https://money.kompas.com/read/2021/06/28/161925326/sri-mulyani-bicara-tax-amnesty-dan-limpahan-uang-yang-masuk-ke-kas-negara

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke