Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Arsjad Rasjid: Lewat Munas Kadin VIII, Mari Dukung Pengembangan Potensi Daerah

KOMPAS.com - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional Arsjad Rasjid mengatakan, Musyawarah Nasional (Munas) VIII Kadin bisa menjadi momentum bersama untuk melahirkan strategi dan gagasan baru guna menjawab tantangan yang dihadapi dunia usaha.

Selain itu, Arsjad menilai, Munas yang akan digelar di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) tersebut juga bisa menjadi untuk memperkuat potensi dan kekayaan daerah di Indonesia.

Seperti diketahui, Munas VIII Kadin akan dihadiri oleh pengusaha dari seluruh wilayah Indonesia. Hal ini akan memperkuat sinergi antarpelaku usaha dan investor sehingga dapat mengembangkan potensi daerah dan memajukan perekonomian.

"Selain merumuskan berbagai program dan strategi untuk bangkit di masa pandemi, Munas Kadin harus bisa dimanfaatkan sebagai ajang untuk menguatkan potensi ekonomi daerah di Indonesia,” ujar Arsjad dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (29/6/2021).

Arsjad mencontohkan, gencarnya pembangunan infrastruktur yang saat ini dilakukan pemerintah, harus bisa dioptimalkan untuk mendorong produksi aspal dari Pulau Buton, Provinsi Sultra.

“Melalui dukungan investasi, potensi daerah dapat ditingkatkan, mulai dari hulu hingga hilir,” kata pria yang juga menjabat sebagai Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk itu.

Selain aspal, provinsi berjuluk Bumi Anoa tersebut juga memiliki beragam potensi, seperti nikel, emas, minyak dan gas, mangan, kromit, marmer, batu gamping dolomit (kapur pertanian), batu gamping, tanah liat, pasir kuarsa, pasir besi, serta magnetit.

Sementara itu, lanjut Arsjad, Sultra juga memiliki sumber daya alam lain di bidang perikanan, pertanian, perkebunan, pariwisata, dan kehutanan.

Hal tersebut juga bisa dilakukan Kadin dari berbagai provinsi di Indonesia. Mereka dapat membawa potensi daerahnya masing-masing.

“Banyak daerah di Indonesia memiliki potensi besar, mulai dari perikanan, pertanian, pariwisata, hingga industri. Potensi ini masih terbuka lebar untuk dikembangkan. Di situlah peran Kadin untuk mengakselerasi pengembangan potensi tersebut,” kata Arsjad.

Sebagai infomasi, Arsyad Rasjid akan ditetapkan sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2021-2026 pada Munas VIII Kadin. Sebagai ketua, ia berkomitmen untuk mendorong percepatan pengembangan potensi daerah di Indonesia.

Dengan semangat untuk mewujudkan Kadin sebagai rumah bagi semua pengusaha, Arsjad yakin bahwa bisa mewujudkan kemajuan bersama.

“Melalui sinergi dan kolaborasi antarpengusaha serta antara pengusaha dan pemerintah, kita dapat mendorong pengembangan investasi di daerah,” imbuh Arsjad.

https://money.kompas.com/read/2021/06/29/131000626/arsjad-rasjid--lewat-munas-kadin-viii-mari-dukung-pengembangan-potensi-daerah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke