Salin Artikel

Pendaftar CPNS 2021 Diprediksi Capai 5 Juta Orang

Informasi tersebut disampaikan melalui Konferensi Pers Persiapan Pembukaan Seleksi ASN 2021 yang ditayangkan melalui YouTube BKN (29/6/2021).

Formasi ASN tahun 2021 lebih besar dibandingkan formasi yang dibuka tahun lalu. Dengan jumlah yang lebih besar, diperkirakan peserta yang akan mendaftar juga lebih banyak.

"Begitu banyaknya formasi yang ditetapkan pemerintah begitu besar. Belajar dari tahun lalu, di mana 150.000 formasi, pendaftarnya lebih kurang sebanyak 4,2 juta orang," jelas Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suherman, seperti yang dilansir dari Konferensi Pers Persiapan Pembukaan Seleksi ASN 2021.

Suherman mengatakan tahun ini diperkirakan pendaftar ASN mencapai 5 juta orang mengingat jumlah formasi yang dibuka cukup besar.

Mengingat seleksi ASN tahun ini dilaksanakan di tengah pandemi yang masih berlangsung, protokol kesehatan akan dilakukan secara ketat.

Dengan demikian seleksi ASN tahun ini tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. Jika dalam keadaan normal seleksi akan dilaksanakan sebanyak lima sesi, saat pendemi akan dilaksanakan sebanyak tiga sesi saja.

Suherman menyampaikan waktu seleksi ASN akan lebih panjang dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Selain karena jumlah sesi yang berkurang, jumlah formasi yang banyak juga membuat waktu pelaksanaan diperpanjang.

Karenanya koordinasi yang erat diseluruh instansi, kerja sama, dan sinergi, serta stamina yang lebih baik bagi Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) maupun panitia instansi.
Peserta bisa melakukan sanggahan

Seleksi administrasi merupakan salah satu kegiatan penting dalam seleksi ASN taun 2021. Panitia seleksi perlu secara khusus untuk memperhatikan beberapa hal terutama seleksi administrasi.

Suherman menjelaskan jika instansi perlu melakukan seleksi administrasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Seleksi administrasi tersebut misalnya berkaitan dengan umur peserta, kualifikasi pendidikan, jabatan, dan hal-hal lainnya.

"Tahun ini kami (BKN) menyediakan masa sanggah. Kalau ada peserta yang merasa dirugikan dengan hasil seleksi administrasi, maka Panselnas menyediakan fasilitasi untuk masa sanggah," terang Suherman.

Peserta bisa mengajukan sanggahan kepada pemerintah terutama instansi yang dilamar. BKN nantinya akan menjawab sanggahan yang disampaikan oleh peserta ASN.

Sanggahan kedua akan dilaksanakan saat periode akhir saat saat pengumuman kelulusan. Peserta diberikan kesempatan kembali untuk memberikan sanggahan atas hasil yang diperoleh. (Penulis: Tiyas Septiana|Editor: Tiyas Septiana)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: BKN: Sebanyak 5 juta peserta diperkirakan daftar seleksi ASN tahun 2021

https://money.kompas.com/read/2021/06/29/190558626/pendaftar-cpns-2021-diprediksi-capai-5-juta-orang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.