Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kantongi AOC, Dirut Super Air Jet: Kami Menawarkan Konsep Berbiaya Rendah

Dengan demikian maskapai penerbangan swasta baru yang mengusung konsep milenial ini mendapatkan izin untuk mengoperasikan pesawat udara dengan tujuan komersial.

"Seluruh proses pembentukan Super Air Jet melalui prosedur yang panjang dan telah dijalankan menurut ketentuan dari perundang-undangan yang berlaku," sebut Direktur Utama Super Air Jet Ari Azhari dalam siaran pers dikutip Kamis (1/7/2021).

Dengan terbitnya izin dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Kemenhub tersebut lanjut dia,  Super Air Jet telah memenuhi proses sertifikasi. Tahapan ini dilaksanakan selama 9 (sembilan) bulan mengacu kepada ketentuan ICAO (Organisasi Penerbangan Sipil Internasional).

"Dalam memenuhi proses sertifikasi ini, Super Air Jet berhasil melalui 5 (lima) tahapan atau fase, yaitu Pre-Application, Formal Application, Document Compliance, Demonstration & Inspection, dan Certification," katanya.

Dia menyebutkan, Super Air Jet telah mengantongi Surat Izin Usaha Angkutan Udara Berjadwal (SIUAU-NB) dengan Nomor SIUAU/NB-036, memiliki kode penerbangan “IU” dari IATA (Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional), “SJV” dari ICAO (Organisasi Penerbangan Sipil Internasional) serta “PROSPER” untuk Kode Panggil (Callsign) di udara.

Ari memaparkan, pihaknya sedang mempersiapkan penerbangan perdana dengan rute-rute domestik yang sangat potensial, memiliki daya tarik keunggulan daerah, serta tren penerbangan kategori penumpang milenial.

Menurut dia, Super Air Jet didirikan atas dasar optimisme bahwa peluang pasar khususnya kebutuhan penerbangan dalam negeri (domestik Indonesia) masih ada dan terbuka luas, ada permintaan yang sangat kuat dari masyarakat untuk perjalanan udara saat ini, terutama para milenial.

"Hal ini sesuai dengan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan, sehingga angkutan udara dalam upaya mobilitas orang dan barang sangat dibutuhkan, sejalan konektivitas antarwilayah agar saling terhubung dan tercipta dengan baik," katanya.

"Super Air Jet didesain dan dipersiapkan agar memungkinkan banyak orang (penumpang) untuk bisa bepergian menggunakan pesawat udara tujuan wisata, pendidikan, pebisnis muda dan mengunjungi ke berbagai kota tujuan favorit," tambah dia.

Pada tahap awal maskapai ini akan mengoperasikan tiga armada pesawat Airbus 320-200 dengan kapasitas penumpang 180 kursi kelas ekonomi.

"Fokus utama Super Air Jet menawarkan konsep berbiaya rendah dengan penerbangan langsung antarkota secara point-to-point di pasar domestik dan nantinya dapat merambah ke rute-rute internasional," sebut Ari Azhari.

https://money.kompas.com/read/2021/07/01/060600526/kantongi-aoc-dirut-super-air-jet-kami-menawarkan-konsep-berbiaya-rendah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke