Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Garap QR Code, Bank Neo Gandeng Fintech

Direktur Utama Bank Neo Tjandra Gunawan mengatakan, demi memenuhi kebutuhan Neo Customers yang menginginkan layanan praktis dalam menunjang produktivitas mereka, transaksi pembayaran digital menjadi salah satu fitur yang diprioritaskan perusahaan.

“Dalam situasi pandemi saat ini, masyarakat perlu mengurangi mobilisasi dan kontak fisik, sehingga pembayaran digital menjadi solusi terbaik, yang aman, cepat, dan nyaman. Dengan kolaborasi ini, Bank Neo dapat membangun ekosistem bank digital lebih kuat dan menghasilkan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia,” kata Tjandra dalam siaran pers, dikutip Kamis (1/7/2021).

Bank Indonesia juga mencatat perkembangan pembayaran non-tunai atau pembayaran digital selama setahun belakang mengalami kontraksi di mana pemakaian uang elektronik tercatat sebesar 32 persen atau setara dengan Rp 266 triliun dan angka ini diprediksi masih akan terus meningkat.

Sementara itu, riset Bank Neo yang dilakukan Maret 2021 mencatat, baik responden yang terbiasa maupun yang belum terbiasa menggunakan mobile banking sama-sama sering memakai e-wallet sebagai pembayaran digital. Kebanyakan dari mereka menggunakannya untuk membayar transaksi satuan seperti transportasi umum dan pembayaran lainnya.

“Kami harapkan dengan hadirnya sistem pembayaran dalam aplikasi neo+ nantinya dapat memberikan opsi yang semakin memudahkan masyarakat mengatur pengeluaran mereka sehari-hari,” tambah Tjandra.

Dalam mengembangkan metode pembayaran digital Arash-Wallyt mengembangkan dua system utama dalam fitur pembayaran digital Bank Neo, yakni pengembangan pembayaran kartu debit online, di mana Neo Customers dapat langsung mendaftarkan kartu debit Bank Neo ke berbagai aplikasi e-commerce atau transportasi untuk melakukan pembayaran digital.

Kedua, pengembangan pembayaran berbasis kode QR, yang akan memudahkan Neo Customers melakukan pembayaran cashless di toko offline demi mengurangi kontak fisik ketika menggunakan mesin EDC atau uang tunai.

“Kami berharap kerja sama ini dapat membantu Bank Neo untuk melayani Neo Customers khususnya dalam melakukan transaksi digital tanpa hambatan serta turut membantu mengembangkan perekonomian digital di Indonesia,” ujar Direktur Arash Herlina Kalla.

https://money.kompas.com/read/2021/07/01/121100326/garap-qr-code-bank-neo-gandeng-fintech

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke