BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan blibli.com
Salin Artikel

Gara-gara Blibli, Park Seo Jun sampai Minta Maaf, Ada Apa?

KOMPAS.com – Salah satu e-commerce lokal yang telah 10 tahun hadir di Indonesia, Blibli, menyampaikan permintaan maaf.

Melalui media sosial dan berbagai publikasi, permintaan maaf tersebut disampaikan secara langsung oleh International Brand Ambassador Blibli Park Seo Jun.

“Kami minta maaf. Blibli enggak jualan,” demikian kata Park Seo Jun dalam bahasa Korea dengan tulus dan ekspresi wajah penuh penyesalan.

Menanggapi hal tersebut, Chief Financial Officer (CFO) Blibli Hendry angkat bicara. Hendry mengatakan, ada sejumlah permintaan maaf yang ingin disampaikan Blibli.

“Kami harap, permintaan maaf kami diterima dengan baik oleh pelanggan dan seller,” ujar Hendry mengklarifikasi.

Dijelaskan Hendry, ada empat hal yang tidak bisa diberikan Blibli kepada pelanggan setianya selama 10 tahun ini. Berikut rinciannya.

1. Maaf, Blibli tidak membolehkan berjualan produk palsu

Melalui platformnya, Blibli menjual lebih dari 18 juta produk. Untuk menjaga kualitas tinggi, Blibli melakukan kurasi untuk memastikan bahwa produk Blibli berasal dari original brand principal, distributor, dan reseller.

Demi memudahkan pelanggan memiliki barang impian, Blibli memiliki program tukar tambah barang lama dengan barang baru. Melalui fasilitas ini, pelanggan tak perlu repot merogoh kocek cukup dalam. Sebab, harga barang yang dibeli akan dikurangi nominal barang lama milik pelanggan.

Untuk diketahui, jika barang yang dibeli tidak cocok atau terbukti palsu, pelanggan bisa melakukan penukaran atau return secara gratis dalam waktu 15 hari sejak produk diterima.

2. Maaf, Blibli tidak membebankan ongkir

Blibli tidak bisa membebankan pelanggan ongkos kirim (ongkir). Pasalnya, Blibli telah didukung oleh 20 warehouse di seluruh Indonesia.

Selain itu, Blibli juga telah bekerja sama dengan sejumlah mitra, termasuk armada pengiriman BES. Seluruh layanan pengiriman ini memastikan pesanan sampai ke tangan pelanggan tanpa terlambat dan tanpa ongkir.

Blibli juga meminta maaf karena bukan hanya sekali Blibli tidak bisa menerima biaya ongkir, melainkan berkali-kali.

3. Maaf, Blibli tidak akan pernah menghiraukan pelanggan

Bagi Blibli, pelanggan merupakan prioritas utama. Pertanyaan dan masukan pelanggan adalah hal penting dalam perjalanan Blibli selama 10 tahun.

Oleh sebab itu, Blibli menyampaikan permintaan maafnya karena tidak bisa berhenti meladeni pertanyaan dan masukan dari pelanggan.

Staf Customer Care Blibli hadir selama 24 jam setiap harinya, baik melalui fitur chat di aplikasi, email di customer.care@blibli.com, maupun nomor telepon di 0804-1-871-871.

Seluruh staf Blibli siap menjawab berbagai tanggapan serta pertanyaan pelanggan seputar produk dan kebutuhan informasi belanja di platform Blibli. Bahkan, pertanyaan sesederhana apa pun siap mereka hadapi.

4. Maaf, Blibli bikin semangat belanja

Dalam platform Blibli, banyak produk diberi tanda “love” oleh pelanggan dan bahkan sudah dimasukkan ke dalam keranjang, tetapi tidak pernah diselesaikan atau check out hingga pembayaran.

Blibli akan membantu memudahkan pelanggan untuk melakukan pembayaran dengan adanya 10 metode pembayaran yang bisa dipilih.

Blibli juga bekerja sama dengan 38 mitra pembayaran untuk menyediakan berbagai opsi bertransaksi, mulai dari uang elektronik, kartu kredit/debit, internet banking, hingga transfer virtual account.

Belanja pun akan semakin mudah dengan fasilitas pilihan cicilan dan PayLater yang dapat disesuaikan dengan pengaturan keuangan pelanggan.

Sementara itu, jika masih merasa belum yakin untuk berbelanja sebelum melihat produk secara fisik, pelanggan bisa memanfaatkan fitur Click & Collect.

Melalui fitur tersebut, pelanggan dapat membeli produk di Blibli secara online dan mengambilnya langsung ke toko.

Kemudian, Blibli meminta maaf karena akan semakin mengobarkan semangat belanja pelanggan dengan menghadirkan berbagai promo. Terlebih pada Juli 2021, Blibli akan merayakan ulang tahun ke-10.

Itulah keempat permintaan maaf Blibli kepada para pelanggan atas kekurangan yang dimilikinya.

Hendry berharap, permintaan maaf tersebut dapat menjadi pengingat bagi Blibli untuk selalu memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dan mitra seller.

“Selama 10 tahun, perjalanan kami tidak lepas dari dukungan mereka dan seluruh masyarakat. Hal ini akan ditebus dengan terus memberikan program menarik di platform kami,” lanjut Hendry.

Hingga saat ini, Hendry belum merinci perihal program menarik tersebut. Namun, berkaca pada rekam jejak selama 10 tahun, program yang dihadirkan Blibli kerap dipenuhi dengan promo setiap hari serta acara meriah yang dihadiri selebritas dan sejumlah tokoh inspiratif.

Jadi, mohon maaf, saat ini pelanggan harus bersabar untuk menantikan kejutan Blibli selanjutnya, termasuk kejutan promo ulang tahun ke-10 Blibli.

https://money.kompas.com/read/2021/07/01/123300226/gara-gara-blibli-park-seo-jun-sampai-minta-maaf-ada-apa-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.