Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Arsjad Rasjid Terpilih sebagai Ketua Kadin, Bagaimana Pandangan Buruh?

Ia menggantikan Rosan Perkasa Roeslani dalam Munas VIII Kadin di Kendari, Sulawesi Tenggara, pada Kamis (1/7/2021).

Rupanya, Arsjad selama ini bukan hanya dikenal dekat dengan kalangan pengusaha, melainkan juga dengan kalangan buruh.

Ia juga merupakan sahabat dekat Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea. Keduanya bahkan pernah sama-sama meniti karier di Indika Energy.

Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea pun mengucapkan selamat kepada koleganya yang terpilih sebagai Ketua Umum Kadin.

"Sebagai sahabat saya mengucapkan selamat. Semoga kepercayaan ini bisa dijalankan dengan sebaik-baiknya," katanya kepada wartawan di Jakarta, Kamis (1/7/2021).

Andi Gani optimistis Arsjad punya kemampuan komunikasi yang baik dengan kalangan buruh. Di bawah komando Arsjad, Andi Gani percaya Kadin bisa punya hubungan harmonis dengan buruh Indonesia.

Andi Gani yang juga memimpin Asean Trade Union Council mengaku gembira sahabat dekatnya menjadi Ketua Umum Kadin Indonesia yang baru.

"Karena, saya tahu persis tujuan Arsjad memimpin Kadin hanya untuk mengabdikan diri untuk negeri ini," ucapnya.

Diharapkan kedekatan kedua pimpinan tersebut mampu menciptakan hubungan harmonis antara pengusaha dan pekerja. Tujuannya agar ekonomi yang dihantam pandemi Covid-19 bisa kembali pulih.

Melihat hal tersebut, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah Putra mengibaratkan selama ini hubungan antara pekerja dan buruh bak minyak dan air.

Pasalnya, kedua belah pihak sering kali terlibat perseteruan terutama terkait upah. Meski begitu, Dedi melihat hubungan kental antara Arsjad Rasjid dan Andi Gani Nena yang sama-sama berkarier di Indika Energy.

Karena itu, menurutnya keduanya punya kemampuan untuk membuat sejuk hubungan industri. Apalagi, saat ini ekonomi Indonesia masih terpuruk akibat pandemi Covid-19.

"Secara politik stabilitas negara memang salah satunya dikendalikan oleh korporasi dan Kadin punya kekuatan itu. Sementara buruh, juga punya peran penting untuk bangkitnya ekonomi di masa pandemi,” katanya.

“Jadi, hubungan baik antara pimpinan pengusaha dan pekerja ini diharapkan membuat suasana industri kembali nyaman," sambungnya.

Dedi melihat kedekatan Arsjad dengan pimpinan buruh ini diharapkan mampu kembali merekatkan hubungan keduanya.

Sebab, kata Dedi, sudah saatnya pengusaha dan pekerja bahu membahu membangkitkan kembali ekonomi. Penguatan hubungan dapat terwujud dalam peningkatan skill, kompetensi, dan produktivitas agar tenaga kerja berdaya saing tinggi dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Dedi yakin Arsjad merupakan sosok yang tegak lurus hanya untuk kepentingan dan kemajuan ekonomi bangsa. Sejalan dengan itu, menurutnya tidak ada agenda politik atau tersembunyi lainnya.

https://money.kompas.com/read/2021/07/01/213557526/arsjad-rasjid-terpilih-sebagai-ketua-kadin-bagaimana-pandangan-buruh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke