Salin Artikel

Seleksi CPNS BIN 2021, Simak Persyaratan dan Informasi Lengkap Lainnya

Pengumuman mengenai pendaftaran seleksi CPNS BIN 2021 tertuang dalam surat Pengumuman Nomor: Peng- 03/VI/2021 tentang Seleksi Penerimaan CPNS BIN Tahun Anggaran 2021.

Pada seleksi CPNS tahun ini, terdapat 118 jabatan yang bisa dilamar di BIN. Adapun kualifikasi pendidikan yang disyaratkan mulai dari SMA hingga S2.

Di dalam pengumuman yang bisa dilihat di link berikut dijelaskan, terdapat beberapa kriteria pelamar CPNS BIN 2021.

Kriteria yang pertama yakni lulusan cumlaude untuk jenjang pendidikan paling rendah S1 (tidak termasuk lulusan D-IV).

Kriteria lainnya yakni untuk putra/putri Papua dan papua Barat serta keriteria pelamar umum, atau yang tidak termasuk dalam kriteria yang telah disebutkan sebelumnya.

Syarat Umum

Persyaratan untuk melamar CPNS BIN sama seperti di kementerian/lembaga lain. Berikut adalah persyaratan pelamaran seleksi CPNS 2021 tersebut:

Tahapan Seleksi

Proses registrasi CPNS BIN dilakukan dengan mengakses laman ssacns.bkn.go.id.
Untuk tahapan seleksi meliputi:

  1. Tahap I Seleksi Adiministrasi
  2. Tahap II Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang dilaksanakan di 14 kota, yakni Medan, Pekanbaru, Palembang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Pontianak, Balikpapan, Denpasar, makassar, Manado, Sorong dan Jayapura
  3. Tahap III Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang dilaksanakan di Jakarta, terdiri atas
    • Tes Psikologi (bobot 30 persen)
    • Tes Kesehatan Umum dan Jiwa (bobot tes 40 persen)
    • Tes Mental Ideologi (bobot tes 20 persen)
    • Tes Kesegaran jasmani (bobot tes 10 persen)
  4. Tahap IV Penetuan Tahap Akhir (Pantukhir)
  5. Tahap V Pengumuman

Untuk diketahui, calon peserta dapat memilih lokasi ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di salah satu dari 14 titik lokasi ujian. Peserta yang tidak hadir dan/atau tidak mengikuti tahapan seleksi CPNS 2021 dengan alasan apapun pada waktu dan tempat yang ditetapkan, dinyatakan gugur.

Apabila terdapat peserta yang telah dinyatakan lulus dan diterima kemudian mengundurkan diri atau digugurkan, maka panitia dapat mengganti dengan peserta yang memiliki peringkat terbaik di bawahnya berdasarkan hasil keputusan rapat.

https://money.kompas.com/read/2021/07/03/120620126/seleksi-cpns-bin-2021-simak-persyaratan-dan-informasi-lengkap-lainnya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.