Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Itu Balance Sheet atau Neraca Keuangan?

JAKARTA, KOMPAS.com - Balance sheet adalah istilah yang sangat sering dipakai dalam penyajian laporan keuangan. Apa itu balance sheet?

Pengertian balance sheet seperti dikutip dari Investopedia, balance sheet adalah laporan keuangan yang menyajikan jumlah aset, kewajiban (utang), dan ekuitas (modal) perusahaan pada periode waktu tertentu.

Balance sheet adalah nama lain dari neraca. Balance sheet bisa memberikan gambaran tentang profil lengkap perusahaan dari sisi keuangan. Balance sheet sendiri merupakan bagian dari laporan keuangan bersama dengan laporan laba rugi dan laporan arus kas.

Kegagalan suatu perusahaan dalam menyusun dan menyajikan neraca keuangannya dapat berimbas pada kegagalan seluruh manajemen perusahaan, terutama dalam keputusan pengambilan kebijakan.

Ini lantaran neraca atau balance sheet adalah sumber informasi penting kondisi keuangan perusahaan. Contohnya neraca memberikan gambaran jumlah aset dibandingkan jumlah utang.

Dalam neraca, kondisi aset bisa diketahui apakah aset perusahaan berupa aset likuid atau sebaliknya. Secara umum, aset dalam balance adalah terbagi menjadi dua, yakni aset tetap dan aset lancar.

Neraca saldo dalam balance sheet adalah menyajikan informasi untuk memprediksi jumlah arus kas masa mendatang.

Begitupun gambaran soal utang, apakah lebih banyak yang terdiri dari utang jangka panjang atau utang jangka pendek.

Manajemen perusahaan dan pemegang saham (investor) menggunakan neraca untuk mempelajari lebih lanjut tentang sumber pendanaan mana yang digunakan perusahaan untuk mendukung pertumbuhan dan operasinya.

Dalam perhitungannya, balance sheet menggunakan rumus jumlah aset adalah utang plus modal. Dalam penyajianya, sisi kiri balance sheet adalah aset, sementara di sisi kanan balance sheet adalah utang plus modal.

https://money.kompas.com/read/2021/07/05/164856126/apa-itu-balance-sheet-atau-neraca-keuangan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke