Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bukalapak Hapus Konten Penjualan Produk Tabung Oksigen dengan Harga Tak Wajar

JAKARTA, KOMPAS.com - Lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi selama beberapa pekan terakhir dimanfaatkan oleh sejumlah oknum untuk menjual produk-produk kesehatan berkaitan virus corona seperti tabung oksigen dengan harga tinggi.

Platform marketplace Bukalapak mengaku siap untuk menindak tegas para oknum yang menaruh harga tidak wajar terhadap produk-produk kesehatan, guna meraup keuntungan besar di tengah tingginya kebutuhan masyarakat.

AVP Marketplace Quality Bukalapak Baskara Aditama mengatakan, tabung oksigen dan oximeter termasuk dalam barang-barang yang meningkat transaksinya sebanyak dua kali lipat dibandingkan dengan minggu lalu.

Untuk mengantisipasi penetapan harga tidak wajar, Bukalapak secara rutin memantau harga pasaran untuk barang-barang, agar bisa menjaga harga yang ditetapkan oleh para penjual di platform marketplace itu selalu dalam batas wajar.

"Pada dasarnya kami memperbolehkan seluruh penjual menetapkan harga dan strategi penjualan masing-masing. Namun, mereka harus selalu mematuhi aturan yang berlaku baik di Bukalapak maupun secara hukum," tutur Baskara dalam keterangan tertulis, Rabu (7/7/2021).

Baskara menyatakan, seluruh penjual yang menetapkan harga di luar batas demi meraup keuntungan dan menghalangi akses masyarakat pada penggunaan alat-alat kesehatan, termasuk tabung gas, akan ditindak tegas.

Caranya dengan menurunkan produk tersebut dari marketplace dan memberikan label pelanggaran kepada penjual.

"Menjual barang dengan harga yang tidak sesuai juga termasuk di dalam pelanggaran yang kami tetapkan, sehingga tentunya akan kami tindak," ujar dia.

Baskara meminta kepada pengguna Bukalapak yang menemukan penjualan barang-barang lain terkait penanganan Covid-19 dengan harga tidak normal untuk melaporkannya via BukaBantuan.

"Bukalapak berkomitmen untuk menjaga ketersediaan dan harga produk-produk ini di platform Marketplacenya demi membantu mengatasi pandemi Covid-19," ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2021/07/07/140321326/bukalapak-hapus-konten-penjualan-produk-tabung-oksigen-dengan-harga-tak-wajar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke