Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Erick Thohir: 90 Persen Pasien Covid-19 yang Meninggal Belum Divaksin

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menekankan pentingnya vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat di tengah lonjakan kasus positif virus tersebut.

Pasalnya, mengacu kepada data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), mayoritas pasien Covid-19 yang meninggal tidak mau atau belum menerima vaksin.

“Berdasarkan data dari Kemenkes, sebanyak 90 persen pasien Covid-19 yang meninggal karena tidak mau atau belum divaksin," kata Erick dalam keterangan tertulis, Rabu (7/7/2021).

Berdasarkan hasil penelitian Tim Peneliti Efektivitas Vaksin pada Mei 2021, jenis vaksin yang paling banyak digunakan di Indonesia, Sinovac, terbukti efektif sampai 98 persen dalam mencegah risiko kematian akibat Covid-19 di antara para tenaga kesehatan.

Dengan pentingnya pelaksanaan vaksinasi, Erick mengapresiasi langkah yang dilakukan pihak swasta dan beberapa komunitas membangun sentra vaksinasi Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan mantan bos Inter Milan itu saat mengunjungi Sentra Vaksinasi Enesis di Jakarta International Equestrian Park, Jakarta Timur.

Sentra vaksinasi tersebut didirikan oleh produsen Antis Hand Sanitiser, Enesis Group, lalu Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DKI Jakarta, Indonesia Respon, dan GEMAWIRA.

“Di tempat yang bersejarah saat Asian Games 2018 lalu, saya melihat sebuah sinergi dan sikap gotong royong berbagai pihak untuk memerangi pandemi,” ujarnya.

Erick berharap, kehadiran sentra vaksinasi dapat meningkatkan angka penerima vaksin Covid-19, sehingga tercipta herd immunity di kalangan masyarakat.

“Saat ini, warga ibu kota yang sudah divaksin mencapai 65 persen, jadi demi mewujudkan herd immunity 72 persen, keberadaan Sentra vaksinasi ini sangat dibutuhkan," kata dia.

Meski vaksinasi tengah gencar dilakukan untuk menahan laju peningkatan pasien positif Covid-19, Erick berharap, masyarakat selalu disiplin memakai masker dan mematuhi prokes ditengah PPKM Darurat.

"Kita harus kasihan dengan rumah sakit-rumah sakit kita yang kelebihan beban, kita juga harus paham bahwa persediaan oksigen perlu ditambah berkali lipat karena kebutuhan meningkat,” ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2021/07/07/185634726/erick-thohir-90-persen-pasien-covid-19-yang-meninggal-belum-divaksin

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke