Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menperin Ajak Industri Bahu Membahu Pasok Oksigen Untuk Pasien Covid-19

JAKARTA, KOMPAS.com – Kenaikan jumlah kasus Covid-19 di tanah air mendorong banyak industri swasta ikut berpartisipasi dalam mencukupi ketersediaan fasilitas dan perlengkapan perawatan Covid-19.

Salah satu industri yang turut berpartisipasi adalah Tanoto Foundation dan mitra perusahaan APRIL Group, PT Riau Andalan Pulp & Paper (RAPP) dengan pemberian 500 ton oksigen untuk penanganan pasien Covid-19 di sejumlah daerah.

Bantuan pasokan oksigen medis ini dilakukan dengan mengalihkan fasilitas oksigen plant untuk proses bleaching pulp, yang sebagian digunakan untuk oksigen medis sebesar 500 ton atau 100 ton dalam lima kali pengiriman.

“Kami proaktif melakukan kerja sama dan koordinasi dengan kementerian/lembaga terkait, pemerintah daerah, termasuk asosiasi industri maupun perusahaan industri untuk membantu memenuhi kebutuhan oksigen bagi pasien Covid-19 di Indonesia,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang dalam siaran pers, Jumat (9/7/2021).

Agus mengungkapkan, pihaknya terus bertekad mengerahkan semua kemampuan industri dalam negeri untuk memenuhi lonjakan kebutuhan gas oksigen nasional, di antaranya dengan menginstruksikan perusahaan-perusahaan industri untuk memastikan ketersediaan oksigen khususnya untuk memenuhi kebutuhan oksigen medis.

“Sektor industrinya tidak hanya yang bergerak khusus dalam bidang produksi gas oksigen, tetapi juga industri yang mempunyai potensi untuk membantu ketersediaan oksigen medis,” ungkap dia.

Kemenperin sebelumnya telah menerbitkan menerbitkan Instruksi Menteri Perindustrian Nomor 1 Tahun 2021 tentang Produk Oksigen sebagai Komoditas Strategis Industri dalam Masa Covid-19.

“Sebelumnya saya berkomunikasi dengan RAPP, agar bantuan dari RAPP bisa terlaksana. Kami menunggu kontribusi dari perusahaan lainnya untuk mengikuti langkah RAPP,” tambah Agus.

Agus mengungkapkan, pengiriman akan dilakukan mulai hari Jumat (9/7/2021) dari Pangkalan Kerinci menuju Jakarta secara bertahap. 

Ia menegaskan, kontribusi sektor industri terhadap sektor kesehatan dalam penanggulangan Covid-19 sangat diharapkan dalam situasi sekarang ini.

Board of Trustee Tanoto Foundation, Anderson Tanoto mengemukakan, pihaknya terpanggil untuk merespons dengan cepat ketika mendapatkan informasi bahwa ketersediaan oksigen bagi rumah sakit-rumah sakit yang merawat pasien Covid-19 mulai terbatas.

“Kami segera melakukan koordinasi untuk secepat mungkin menyalurkan oksigen yang diproduksi oleh pabrik PT RAPP di Pangkalan Kerinci, Riau ke pulau Jawa untuk membantu memasok oksigen bagi rumah sakit-rumah sakit yang membutuhkan di bawah koordinasi Kementerian Kesehatan,” jelas Anderson.

https://money.kompas.com/read/2021/07/10/163815026/menperin-ajak-industri-bahu-membahu-pasok-oksigen-untuk-pasien-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke