Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Erick Thohir: Transportasi Umum Jadi Pintu Utama Penyebaran Covid-19

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, transportasi umum menjadi pintu utama dalam penyebaran Covid- 19. Oleh karena itu, para operator jasa transportasi harus tegas, disiplin, dan konsisten dalam memprioritaskan vaksinasi sebagai persyaratan utama bagi penumpang.

Hal tersebut dikatakan Erick thohir saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Stasiun Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (10/7/2021). Sidak tersebut dilakukan untuk memantau pelaksanaan program PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI yang menggelar layanan vaksinasi gratis Covid-19 bagi calon penumpang kereta api jarak jauh.

Kegiatan itu dilakukan KAI untuk melengkapi persyaratan naik kereta di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

"Saya ingin mengecek kebenaran pelaksanaan dari program KAI ini, dan ternyata, benar. Saya terinfo ada 13 stasiun milik KAI yang menggelar kegiatan ini. Saya belum cek semuanya, tapi dari contoh yang saya lihat di Stasiun Bandung ini, program vaksinasi bagi penumpang kereta api selama PPKM Darurat ini berjalan baik," ujar Erick dalam keterangan tertulisnya, Sabtu.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 gratis yang dilakukan KAI di 13 stasiun khusus ditujukan untuk membantu pengguna jasa kereta api yang ingin melengkapi persyaratan naik moda transportasi tersebut pada masa PPKM darurat.

Saat ini vaksinasi gratis bagi penumpang kereta api jarak jauh dilayani di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Malang, dan Jember.

"Kegiatan ini hasil kolaborasi antara KAI dengan Kemenhub dan Kemenkes yang menurut saya sangat bagus serta membantu usaha pemerintah untuk percepatan. Apalagi saya lihat banyak anak-anak muda yang ikut program vaksinasi di KAI ini sehingga secara langsung kegiatan ini bertujuan untuk melindungi keluarga dan orang tua mereka di kampung," kata mantan bos Inter Milan itu.

Dalam kunjungan kerja ke Bandung, Erick juga menyempatkan diri melihat kegiatan sosial berupa dapur umum dan posko bantuan isoman yang diprakarsasi Forum Bandung Berakhlak.

Kegiatan bertajuk, "Gerakan Bantu Isoman" di Bandara Husein Sastranegara, Bandung itu bertujuan memberikan dukungan bagi warga Bandung yang terpapar Covid-19 dan
harus melakukan isolasi mandiri. Bantuan yang diberikan berbentuk makanan dan minuman bergizi, serta obat dan vitamin.

"Saya terharu dan mengapresiasi kegiatan untuk rakyat yang diprakarsai rakyat juga. Itu menunjukkan, semangat gotong royong di tengah pandemi ini tak luntur pada masyarakat kita. Justru semakin banyak. Hal itulah yang menyemangati kami semua di pemerintahan bahwa jika kita melakukan semua ini secara bersama, maka kita akan bisa melalui pandemi ini," ucap Erick Thohir.

https://money.kompas.com/read/2021/07/10/200000926/erick-thohir--transportasi-umum-jadi-pintu-utama-penyebaran-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke