Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Garuda Indonesia Catatkan Pendapatan Rp 20 Triliun di 2020

Kinerja di masa pandemi itu turun 69 persen dari pendapatan usaha tahun 2019 yang sebesar 4,57 miliar dollar AS.

Pendapatan Garuda Indonesia sepanjang tahun lalu berasal dari pendapatan penerbangan berjadwal sebesar 1,2 miliar dollar AS, pendapatan penerbangan tidak berjadwal 77 juta dollar AS, dan lini pendapatan lainnya 214 juta dollar AS.

Di sisi lain, maskapai pelat merah ini mencatatkan penurunan beban operasional penerbangan sebesar 35,13 persen menjadi 1,6 miliar dollar AS dibandingkan tahun 2019 yang sebesar 2,5 miliar dollar AS.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, penurunan beban operasional ditunjang oleh langkah strategis efisiensi biaya.

Salah satunya melalui upaya renegosiasi sewa pesawat maupun efisiensi biaya operasional penunjang lainnya yang saat ini terus dioptimalkan oleh perseoran.

"Melalui upaya tersebut, saat ini Garuda Indonesia berhasil melakukan penghematan beban biaya operasional hingga 15 juta dollar AS per bulannya," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jumat (16/7/2021).

Sementara itu, menyikapi catatan disclaimer atau opini tidak memberikan pendapat Laporan Keuangan Garuda Indonesia tahun buku 2020 oleh auditor independen, kata Irfan, pihaknya menghargai independensi auditor yang mencatatkan keterangan tersebut.

Catatan disclaimer itu diberikan dengan pertimbangan aspek keberlangsungan usaha yang menjadi perhatian auditor, di tengah upaya restrukturisasi yang dijalankan perusahaan sebagai langkah pemulihan kinerja.

Irfan menjelaskan, hal tersebut merupakan realitas bisnis yang tidak dapat terhindarkan di tengah tekanan kinerja usaha. Sebab kondisi pandemi membuat industri penerbangan dunia pada level terendah sepanjang sejarah, di mana lalu lintas penumpang internasional turun drastis lebih dari 60 persen selama 2020.

"Kondisi itu yang turut tergambarkan pada kinerja usaha Garuda Indonesia yang saat ini terdampak signifikan pada aspek keberlangsungan usaha," ujarnya.

Menurut Irfan, hal tersebut juga merupakan situasi yang tidak terhindarkan dihadapi oleh berbagai pelaku industri penerbangan lainnya, di mana harus melakukan berbagai langkah fundamental guna mengoptimalkan kinerja usahanya. Di antaranya, melalui upaya diversifikasi bisnis baik dalam skala besar maupun kecil.

"Dalam kondisi yang penuh tantangan ini, Garuda Indonesia memastikan komitmennya untuk senantiasa hadir memenuhi kebutuhan aksesibilitas layanan penerbangan masyarakat Indonesia melalui pengalaman terbang yang aman dan nyaman," kata Irfan.

https://money.kompas.com/read/2021/07/16/141700426/garuda-indonesia-catatkan-pendapatan-rp-20-triliun-di-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke