Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada PPKM Darurat, Bos LPS Prediksi Ekonomi RI 2021 Hanya Tumbuh 3,8 Persen

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, meskipun masih akan tumbuh positif, pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini tidak akan mencapai target awal, yakni kisaran 5 persen.

“Dengan adanya PPKM selama waktu yang ditentukan, kita masih bisa tumbuh positif sekitar 3,8 persen,” ujarnya dalam siaran pers, Jumat (16/7/2021).

Selain itu, penerapan PPKM Darurat dan lonjakan kasus Covid-19 yang telah terjadi selama sekitar satu bulan terakhir juga diproyeksi menekan kinerja kredit perbankan.

“Diprediksi pada bulan Juli-Agustus (kredit) akan tumbuh positif, tapi dengan adanya PPKM kemungkinan akan terkendala pertumbuhannya,” kata Purbaya.

“Tapi kami masih percaya dengan cukupnya uang yang berada di sistem perekonomian, jika PPKM kembali dibuka, kredit juga bisa tumbuh lebih cepat dari yang diperkirakan,” tambahnya.

Pertumbuhan kredit berpotensi terkontraksi pada kuartal III dan IV, meski tidak terlalu tinggi.

Di sisi lain, LPS menilai kebijakan fiskal dan moneter cukup ekspansif sehingga bisa memperbaiki pertumbuhan ekonomi di kuartal II-2021. Hal ini dinilai bisa akan memberikan pondasi untuk tumbuh lebih cepat ketika nanti PPKM diakhiri.

Purbaya menambahkan, upaya yang harus dilaksanakan agar ekonomi benar-benar tidak mengalami kontraksi, antara lain ialah percepatan pelaksanaan vaksinasi sehingga PPKM bisa direlaksasi, dan penerapan protokol kesehatan yang berkelanjutan.

https://money.kompas.com/read/2021/07/16/191805926/ada-ppkm-darurat-bos-lps-prediksi-ekonomi-ri-2021-hanya-tumbuh-38-persen

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke