Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Itu Demografi dan Bonus Demografi?

JAKARTA, KOMPAS.com - Demografi adalah istilah yang sering digunakan dalam pencatatan statistik. Arti demografi sendiri seringkali dikaitkan dengan kependudukan. Lalu apa itu demografi?

Pengertian demografi sebagaimana dikutip dari Investopedia, demografi adalah data statistik yang menyangkut populasi penduduk yang didasarkan atas berbagai klasifikasi seperti usia, ras, jenis kelamin, agama, pekerjaan, dan pendidikan.

Lalu tingkat kelahiran, tingkat kematian, kepadatan penduduk, tingkat pendapatan, dan sebagainya.

Demografi adalah data yang sangat penting dalam pengambilan kebijakan pemerintah. Pemerintah lazim menggunakan demografi untuk perencanaan kebijakan hingga pembagian sumber daya.

Beberapa produk kebijakan pemerintah yang didasarkan atas demografi adalah penyaluran subsidi, pembangunan fasilitas publik, bantuan sosial, dan sebagainya.

Dari sisi ekonomi, sejumlah perusahaan juga sangat bergantung pada data demografi. Pengertian demografi sangat erat dengan penentuan pasar.

Misalnya sebuah perusahaan produsen mobil mewah dan ingin menjangkau pasar di suatu negara, tentu perlu mengetahui tingkat pendapatan masyarakat negara tersebut. Hal itu bisa dilihat dari data demografi.

Dengan menggunakan data demografi, maka perusahaan bisa menentukan pasar yang potensial disasar sesuai segmentasi produk atau jasa mereka.

Karena vitalnya arti demografi, hampir setiap negara memiliki lembaga yang khusus melakukan pencatatan penduduk. Di Indonesia, tanggung jawab itu diemban oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Data demografi dikumpulkan dan diperbarui secara rutin dalam periode tertentu. Data kependudukan cukup signifikan dikontribusi dari Sensus Penduduk yang dilakukan setiap 10 tahun sekali.

Data statistik demografi menyediakan informasi yang sangat terperinci suatu populasi atau kelompok dalam suatu wilayah.

Bonus demografi

Dalam istilah demografi, juga dikenal bonus demografi yang menggambar usia produktif masyarakat suatu negara.

Bonus demografi adalah peluang yang bisa dinikmati suatu negara karena besarnya jumlah penduduk usia produktif yakni rentan usia 18 sampai 64 tahun. Yang artinya, semakin banyak tenaga kerja yang bisa terpakai.

Semakin besar bonus demografi, semakin besar pula suatu negara bisa memacu pertumbuhan ekonominya. Demografi adalah data statistik yang berperan sangat vital dalam keputusan pemerintah.

https://money.kompas.com/read/2021/07/18/100310526/apa-itu-demografi-dan-bonus-demografi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke