Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Apa Itu Broker, Pengertian Hingga Jenis-jenisnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam dunia bisnis dan investasi kerap didengar istilah broker. Broker sendiri biasanya sering juga disebut sebagai perantara.

Lantas, apa itu broker?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), broker adalah pedagang perantara yang menghubungkan pedagang satu dengan yang lain dalam hal jual beli atau antara penjual dan pembeli.

Di dunia pasar modal, broker biasa juga disebut dengan pialang. Pialang adalah seseorang atau perusahaan yang menjembatani investor dengan pasar modal.

Sementara itu, di dunia properti broker adalah profesional real estate yang berlisensi dan biasanya mewakili penjual properti.

Setelah mengetahui apa itu broker, Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis profesi tersebut. Berikut jenis-jenis broker:

Jenis-jenis Broker

  • Retail Broker

Retail broker memiliki tugas untuk melayani individu kliennya. Broker jenis ini memperoleh komisi dari kliennya sesuai hasil penjualan atau pembelian yang dilakukan.

  • Full Service Broker

Broker ini memberikan semua layanan kepada klien atau investornya. Layanan tersebut meliputi analisis, informasi, transaksi dan memberikan pilihan terbaik dari beberapa produk yang dipilih klien atau investornya.

  • Discount Broker

Jenis broker ini hanya melakukan transaksi jual beli saham atas instruksi investor. Namun, mereka juga menawarkan saran dalam bentuk analisis maupun informasi terbaru terkait saham tersebut.

  • Deep Discout Broker

Jenis broker ini memiliki tugas yang paling sederhana. Broker ini hanya melakukan pembelian atau penjualan dan pengelolaan akun konsumennya.

https://money.kompas.com/read/2021/07/18/150000826/mengenal-apa-itu-broker-pengertian-hingga-jenis-jenisnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke