Salin Artikel

Simak Tips Mengembangkan Karier di Tengah Pandemi

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, tingkat pengangguran terbuka Indonesia naik dari angka 4,94 persen pada Februari 2020 menjadi 6,26 persen pada Februari 2021.

Dari data tersebut, tampak jelas bagaimana sulitnya mendapatkan pekerjaan di masa pandemi Covid-19.

Walau demikian, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap mengembangkan karier di tengah pandemi Covid-19 ini.

Simak tips berikut dari platform pengembangan karier dan rekrutmen, Glints :

1. Mengikuti job fair virtual

Job fair adalah suatu cara yang tak asing di telinga para pencari kerja. Melalui Job Fair, kamu bisa menemukan dan melamar banyak lowongan sekaligus. Namun, menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19, job fair tentunya dilakukan secara online atau virtual.

Melansir Forbes, job fair online punya beberapa kelebihan, salah satunya adalah menghemat uang dan waktu. Kamu tak perlu mengeluarkan biaya transpor untuk datang, dan waktu kamu juga tak habis di perjalanan menuju tempat job fair diadakan, selama memiliki koneksi internet.

2. Ikuti kelas pengembangan diri

Jika kamu ingin mengembangkan karier saat pandemic Covid-19, jangan berhenti sampai di pencarian lowongan saja, kamu juga harus mengikuti berbagai pelatihan untuk menghadapi persaingan kerja.

Dengan bertambahnya skill dan ilmu, kamu tentu punya nilai plus di mata perekrut dan lebih percaya diri menjawab pertanyaan-pertanyaan saat wawancara kerja. Saat pandemi, kelas-kelas pengembangan karier ini biasa diadakan secara online yang tentunya menghemat waktu dan tenaga.

3. Pamer ide di hackathon

Hackathon merupakan kompetisi pengembangan aplikasi. Dengan mengikutinya, kamu bisa menambah portofoliomu sekaligus mendapatkan masukan langsung dari para praktisi yang menjadi jurinya.

Lomba ini juga cocok untuk kamu yang punya segudang ide pengembangan aplikasi, namun belum yakin dengan risikonya. Pasalnya, mengembangan aplikasi itu butuh banyak waktu, tenaga, bahkan uang.

Mengutip The Muse, lomba ini merupakan ajang pamer ide yang minim risiko, karena kamu tak langsung mengeksekusi idemu di dunia nyata.

Terkait 3 hal tersebut kamu bisa mengikuti Glints X Career Week. Pekan karier ini berlangsung pada 21-27 Juli 2021 secara online. Jadi kamu pun bisa ikut meski di rumah saja.

Acara yang akan dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno ini diisi perusahaan top Indonesia dan Singapura seperti Lazada, AIA, Bukalapak, dan 99.co.

Sementara itu, kelas pengembangan diri akan diisi oleh Raditya Dika, Fellexandro Ruby, Fardi Yandi, dan praktisi lainnya.

https://money.kompas.com/read/2021/07/19/140900026/simak-tips-mengembangkan-karier-di-tengah-pandemi

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.