Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

KAI Sudah Vaksinasi 10.017 Penumpang Kereta Jarak Jauh

Vaksinasi dilakukan di 13 stasiun yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Malang, dan Jember.

"Sejak 3-19 Juli 2021, KAI telah melakukan vaksinasi Covid-19 kepada 10.017 pelanggan KA Jarak Jauh atau rata-rata 589 pelanggan per hari," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulis, Selasa (20/7/2021).

Menurut Joni, pelaksanaan vaksinasi gratis di stasiun-stasiun berjalan dengan lancar dan di sambut positif oleh masyarakat. Ia memastikan, KAI berupaya optimal dalam pelaksanaan vaksinasi, seski kuota vaksin yang tersedia terbatas di masing-masing daerah.

Joni mengatakan, kelancaran pelaksanaan vaksinasi di stasiun dapat tercapai di dukung kerja sama kolaboratif dengan seluruh stakeholders, seperti Kementerian BUMN, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, TNI, Polri, hingga pemerintah daerah setempat.

Dia menjelaskan, kegiatan vaksinasi gratis di stasiun bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam rangka mempercepat tercapainya herd immunity masyarakat, sehingga penyebaran Covid-19 di Indonesia dapat lebih terkendali.

Bagi penumpang KA Jarak Jauh yang ingin memanfaatkan layanan vaksinasi gratis di stasiun, harus berusia 18 tahun ke atas dan menunjukkan kode booking tiket yang sudah dibayar atau tiket KA Jarak Jauh yang berlaku.

Selain itu penumpang harus memiliki KTP, dan datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan kereta api. Ia pun, mengimbau untuk penumpang yang belum di vaksin bisa memanfaatkan layanan vaksinasi gratis di stasiun

"Harapannya agar jumlah masyarakat yang divaksin semakin banyak dan penyebaran pandemi Covid-19 dapat lebih terkendali," kata Joni.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir sempat meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi di Stasiun Bandung pada 10 Juli 2021 lalu. Erick mengapresiasi KAI dalam pelaksanaan vaksinasi gratis di stasiun.

Ia bilang, layanan vaksinasi di stasiun sangat membantu masyarakat yang ingin melakukan perjalanan menggunakan kereta api dan membantu percepatan penekanan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

"Dari contoh yang saya lihat di Stasiun Bandung ini, program vaksinasi bagi penumpang KA selama PPKM Darurat ini berjalan baik," ujar Erick.

https://money.kompas.com/read/2021/07/20/163200426/kai-sudah-vaksinasi-10.017-penumpang-kereta-jarak-jauh-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke