Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Super Air Jet Segera Beroperasi, Bakal Layani Penumpang dari 6 Bandara

Direktur Utama Super Air Jet Ari Azhari mengatakan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan rencana untuk penerbangan perdana (inaugural flight) melayani penumpang berjadwal (regular flight).

“Berbagai hal dan langkah yang dilakukan agar penerbangan perdana mendatang berjalan sesuai jadwal dan memenuhi aspek standar operasional keselamatan, keamanan dan kenyamanan perjalanan udara,” tuturnya dalam keterangan tertulis, Rabu (21/7/2021).

“Terpenting lagi, operasional berjalan berdasarkan ketentuan protokol kesehatan yang ketat,” tambah dia.

Lebih lanjut Ia menjabarkan 6 bandara yang akan dilayani oleh maskapai dengan kode penerbangan IATA : IU itu.

Keenam bandara itu yakni, Bandara Soekarno Hatta (Tangerang), Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (Palembang), Bandara Internasional Minangkabau (Padang).

Selain itu, Super Air Jet juga melayani Bandara Internasional Hang Nadim (Batam), Bandara Internasional Kualanamu (Medan), dan Bandara Internasional Supadio (Pontianak).

“Super Air Jet akan beroperasi dengan frekuensi terbang 1 kali setiap hari, yang dilayani pergi pulang (PP),” ujar Ari.


Ari menjelaskan, sangat populernya keenam wilayah tersebut menjadi alasan Super Air Jet memilih bandara-bandara itu.

“Fokus utama Super Air Jet menawarkan konsep berbiaya rendah dengan penerbangan langsung antarkota secara point-to-point di pasar domestik dan nantinya dapat merambah ke rute-rute internasional,” ucapnya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara telah menyelesaikan proses sertifikasi permohonan Air Operator Certificate (AOC) PT Super Air Jet dengan tipe pesawat Airbus A320.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto mengatakan, pihaknya telah melakukan proses sertifikasi sesuai ketentuan International Civil Aviation Organization (ICAO) atas surat permohonan Super Air Jet pada September tahun lalu.

“Seluruh tahapan telah dilaksanakan sertifikasi selama 9 bulan,” katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/6/2021).

"Dengan selesainya seluruh tahapan sertifikasi terhadap SAJ, maka SAJ dinyatakan telah memenuhi seluruh persyaratan teknis dan keselamatan sebagai pemegang Air Operator Certificate,” tambahya.

https://money.kompas.com/read/2021/07/21/060021126/super-air-jet-segera-beroperasi-bakal-layani-penumpang-dari-6-bandara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke