Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Akan Masifkan Testing-Tracing, Luhut: Ada yang Positif, Langsung Dibawa Karantina

"Pemerintah dalam waktu dekat atas perintah Presiden akan lakukan testing-tracing dan memperbanyak pusat-pusat isolasi, terutamanya di daerah padat penduduk," ungkap Luhut dalam konferensi pers virtual, Rabu (21/7/2021).

Koordinator PPKM Jawa-Bali itu mengungkapkan, pengujian dan pelacakan di daerah padat penduduk akan dilakukan di wilayah-wilayah aglomerasi, di antaranya Jabodetabek, Bandung Raya, Solo Raya, Semarang Raya, Surabaya Raya, hingga Malang Raya.

Luhut bilang, pemerintah tengah memfinalisasi mekanisme pengujian dan pelacakan di daerah padat penduduk yang rencananya rampung hari ini. Sehingga diharapkan dalam 1-2 hari ke depan program ini sudah bisa dijalankan.

"Ini kita akan mulai, berharap bisa dimulai 1-2 hari ini, dan akan dilakukan secara masif," imbuhnya.

Ia menjelaskan, dalam pelaksanaan nantinya, ketika didapatkan warga yang positif Covid-19 maka akan segera di bawa ke pusat karantina yang sudah disediakan pemerintah di daerah tersebut.

Nantinya, segala fasilitas kesehatan, mulai dari obat-obatan hingga dokter akan tersedia secara gratis.

Luhut bilang, konsep ini sama seperti yang berlaku di DKI Jakarta yang memiliki pusat karantina di Wisma Atlet.


Menurut dia, dengan adanya karantina terpusat maka akan membantu menekan penyebaran dan mempercepat penanganan sejak dini bagi penderita Covid-19.

"Begitu kita testing dan ada yang positif, langsung dibawa ke karantina, dan di karantina tersebut mulai dari perawatan, obat, dokter dan segala macam itu ada. Sehingga tingkat menjadi buruk (kondisi pasien Covid-19 itu diperkecil," kata dia.

Luhut mengatakan, pemerintah tengah memfinasilasi mekanisme testing dan tracing di wilayah padat penduduk yang rencananya akan rampung hari ini. Sehingga diharapkan dalam 1-2 hari ke depan program ini sudah bisa dijalankan.

"Ini kita akan mulai, berharap bisa di mulai 1-2 hari ini, dan akan dilakukan secara masif," ungkapnya.

https://money.kompas.com/read/2021/07/21/205818626/akan-masifkan-testing-tracing-luhut-ada-yang-positif-langsung-dibawa-karantina

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke