Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kabar Gembira, Bantuan Kuota Internet Gratis Cair Mulai Agustus 2021

Namun Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemberian kuota internet ini bakal cair mulai bulan Agustus 2021. Subsidi akan diberikan hingga bulan Desember 2021.

"Kita telah memutuskan untuk memberikan perpanjangan subsidi kuota internet untuk bulan Agustus-Desember," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers dikutip Kompas.com, Jumat (23/8/2021).

Bendahara Negara ini menjelaskan, bantuan diberikan untuk meringankan beban orang tua saat pandemi Covid-19. Bagaimana pun, dana untuk membeli kuota internet bertambah saat pandemi lantaran anak-anak tak bisa belajar secara tatap muka.

Adapun besaran kuota internet yang cair mulai bulan Agustus ini akan berbeda-beda. Untuk PAUD, kuota yang diberikan adalah 7 GB/bulan, untuk SMP-SMA sebesar 10 GB/bulan, dan untuk guru sebesar 12 GB/bulan.

Sedangkan bagi mahasiswa dan dosen masing-masing sebesar 15 GB/bulan.

"Subsidi diberikan untuk masyarakat yang tentu anak-anaknya masih sekolah, di mana sekolah belum bisa diselenggarakan secara tatap muka. Minggu depan anak-anak mulai masuk lagi semester baru," beber Sri Mulyani.


Lebih lanjut dia mengungkapkan, pemerintah sudah menyiapkan anggaran tambahan Rp 5,54 triliun untuk pengadaan kuota internet selama 5 bulan. Dengan begitu, total anggaran yang digelontorkan mencapai Rp 8,54 triliun.

Program ini juga merupakan salah satu bansos yang diperpanjang menindaklanjuti PPKM darurat dan PPKM Level 4.

Sebagai konsekuensi, pemerintah perlu menambah anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) mencapai Rp 55,21 triliun dari Rp 699,43 triliun menjadi Rp 744,75 triliun.

"Program ini sebetulnya sudah selesai pada bulan Juni yang lalu, kemudian anak-anak sekolah libur. Maka kita mulai lagi pada Agustus - Desember karena anak-anak sudah mulai sekolah lagi sehingga total durasinya jadi 8 bulan," pungkas Sri Mulyani.

https://money.kompas.com/read/2021/07/23/144543726/kabar-gembira-bantuan-kuota-internet-gratis-cair-mulai-agustus-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke