Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenkop UKM Targetkan Penerima BPUM Capai 1,5 Juta UMKM di Bulan Ini

Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah Kemenkop UKM Eddy Satria mengatakan sejauh ini pihaknya telah dalam proses pembuatan SK untuk penyaluran sebanyak 700.000 penerima.

“Sedang proses pembuatan SK untuk penyaluran sebanyak 700.000 penerima. Intinya sekarang proses BPUM sudah siap 700.000 penerima,” kata Eddy saat dihubungi Kompas.com, Jumat (23/7/2021).

Eddy mengatakan, hingga bulan Juli 2021 pihaknya terus berupaya mempercepat proses penyaluran agar bisa rampung hingga 1,5 juta penerima.

“Sedang diusahakan sampai bulan Juli ini bisa 1,5 juta disalurkan,” ungkap dia.

Eddy mengungkapkan, hingga saat ini tidak ada kendala dalam penyaluran BPUM. Ia menargetkan hingga September 2021, penyaluran 3 juta penerima BPUM bisa terlaksana.

“Untuk perbankan kita tidak ada kendala, kita sudah 100 persen untuk yang 9,8 juta penerima (sebelumnya atau BPUM tahap pertama), dan nanti tambahan sampai dengan September diharapkan sisanya terlaksana 3 juta penerima,” jelas dia.

Seperti diketahui, pemerintah memutuskan untuk melanjutkan program Bantuan Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM tahun 2021 dengan total anggaran yang disiapkan sebesar Rp 15,36 triliun kepada 12,8 juta pelaku Usaha Mikro yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Pada tahap pertama, pemerintah telah menyediakan anggaran sebesar Rp 11,76 triliun untuk 9,8 juta pelaku usaha mikro. Sedangkan anggaran tahap kedua sebesar Rp 3,6 triliun untuk 3 juta pelaku usaha mikro.

https://money.kompas.com/read/2021/07/23/145849826/kemenkop-ukm-targetkan-penerima-bpum-capai-15-juta-umkm-di-bulan-ini

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+