Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Banyak Bansos Pemerintah Saat PPKM, Begini Cara Cek Penerimanya

Adapun bantuan tersebut merupakan bansos Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, hingga Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp 300.000 per bulan. Untuk mengecek daftar penerima, masyarakat bisa mengunjungi laman https://cekbansos.kemensos.go.id.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, pencairan BLT Rp 300.000 per bulan selama dua bulan mulai cair pada Juli 2021. Sementara untuk PKH, besaran bantuan akan disesuaikan dengan anggota keluarga penerima.

"PKH untuk 10 juta keluarga ekuivalen sekitar 40 juta jiwa dengan anggaran Rp 28,31 triliun, diberi tambahan beras 10 KG. Sebanyak 10 juta PKH juga mendapat Kartu Sembako yang saat ini diberikan untuk 12 bulan," beber Sri Mulyani beberapa waktu lalu.

Sri Mulyani menjelaskan, melalui PKH keluarga yang memiliki ibu hamil atau balita akan menerima bantuan Rp 3 juta per tahun. Sementara keluarga yang memiliki anak SD menerima Rp 900.000 per tahun, anak SMP Rp 1,5 juta per tahun, dan anak SMA Rp 2 juta per tahun.

"Kalau di keluarga itu ada difabel, maka bantuannya Rp 2,4 juta. Dan untuk keluarga yang memiliki lansia mendapat Rp 2,4 juta," jelas Sri Mulyani.

Jika keluarga memiliki 2 orang anak SD, maka bantuan yang diberikan menjadi dobel, yakni Rp 900.000 ditambah Rp 900.000 per tahun. Artinya, keluarga tersebut mendapat dana tunai Rp 1,8 juta per tahun.

"Kalau (anaknya dua orang) SMP, Rp 3 juta. Kalau (anaknya) balita dan SMP (dalam satu keluarga), maka dapat kombinasi yang berbeda. Demikian yang kita berikan kepada 10 juta (KPM) sebagai bantalan paling mendasar bagi keluarga di Indonesia," pungkas dia.

Nah, untuk itu tidak ada salahnya mengecek penerima bansos ini di laman https://cekbansos.kemensos.go.id. Berikut tata caranya:

- Masuk ke laman cekbansos.kemensos.go.id

- Masukkan provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan di kolom yang disediakan

- Masukkan nama penerima manfaat (PM) sesuai data di KTP

- Ketikkan 8 huruf kode captcha yang tertera.

- Jika kode kurang jelas, klik icon "refresh" untuk mendapatkan kode baru

- Klik opsi "CARI DATA".

https://money.kompas.com/read/2021/07/23/164227126/banyak-bansos-pemerintah-saat-ppkm-begini-cara-cek-penerimanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke