Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Arti Finansial?

JAKARTA, KOMPAS.com - Finansial adalah istilah yang cukup umum di masyarakat. Arti finansial seringkali disamakan dengan keuangan.

Berasal dari kata serapan Bahasa Inggris, financial, finansial artinya segala sesuatu yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan. Arti finansial juga kadangkala dikaitkan dengan administrasi.

Finansial adalah mencakup banyak hal, tak hanya soal mengelola keuangan, namun juga bagaimaca cara memaksimalkan sumber daya, alokasi pengeluaran, perhitungan atas risiko, hingga melihat prospek di masa mendatang.

Dikutip dari laman Corporate Finanace Institute, finansial adalah bentuk pengelolaan uang yang mencakup beberapa aktivitas seperti investasi, pinjaman, penganggaran, tabungan, dan peramalan.

Ada tiga jenis finansial yakni finansial individu, finansial pemerintah, dan finansial perusahaan.

Kondisi finansial artinya dikatakan cukup baik apabila seseorang telah bisa mengatur dengan baik pengelolaan keuangannya dan menjamin keberlangsungan di masa mendatang.

Itu sebabnya, dalam kondisi seperti demikian, seorang bisa dikatakan mencapai kebebasan finansial. Kondisi ditandai dengan keuangan yang stabil, terutama menyangkut pemasukan dan pengeluaran uang.

Perencanaan finansial adalah hal yang sangat penting dilakukan. Beberapa fungsi finansial adalah sebagai perencanaan, fungsi kontrol, dan fungsi pelaporan.

https://money.kompas.com/read/2021/07/25/083235626/apa-arti-finansial

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke