Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenkeu: Investasi Dapat Terus Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi yang Berkualitas

Hal tersebut tecermin dari realisasi investasi kuartal II 2021 yang mencatat peningkatan di tengah pandemi Covid-19. Realisasi mencapai Rp 233 triliun atau tumbuh 16,2 persen yang terdiri atas PMA dan PMDN.

Nilai investasi langsung ini melanjutkan tren peningkatan yang telah melampaui level sebelum pandemi sejak kuartal I 2021.

"Investasi dapat terus menjadi motor pertumbuhan ekonomi yang berkualitas,” kata Febrio dalam siaran pers, Rabu (28/7/2021).

Febrio mengungkapkan, tumbuhnya realisasi tak terlepas dari perbaikan iklim berusaha sejalan dengan implementasi UU Cipta Kerja berikut PP No. 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.

Dia berharap, kebijakan tersebut akan terus memberikan kontribusi yang besar pada peningkatan investasi langsung di Indonesia. Untuk itu implementasi reformasi strukturalnya akan terus dipercepat agar manfaatnya segera dapat dirasakan oleh investor.

"Dari sisi administrasi, contohnya, integrasi perizinan melalui Online Single Submission (OSS) akan dilakukan dalam waktu dekat untuk terus memangkas waktu pengurusan perizinan," tutur Febrio.

Lebih lanjut Febrio berujar, kinerja investasi yang menunjukkan perbaikan didorong oleh kepercayaan investor bahwa pemerintah tetap bisa mengendalikan penyebaran Covid-19 maupun varian barunya.

Adapun berdasarkan sektor usaha, investasi yang cukup besar terjadi pada sektor padat karya seperti sektor perumahan dan sektor industri seperti industri manufaktur, logam dasar, dan makanan.

Sementara peningkatan investasi industri logam dasar terutama bersumber dari PMA atas pembangunan pabrik kendaraan listrik dan industri baterai yang sedang dikembangkan di Indonesia.

"Kinerja investasi di sektor industri diharapkan akan terus menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi nasional ke depan, mengingat kontribusinya yang dominan terhadap PDB. Selain itu, sifat padat karya dari industri ini diharapkan menyerap tenaga kerja manusia dalam kondisi pandemi di tengah belum pulihnya sektor lain," pungkas Febrio.

https://money.kompas.com/read/2021/07/28/171100926/kemenkeu--investasi-dapat-terus-jadi-motor-pertumbuhan-ekonomi-yang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke