Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[KURASI KOMPASIANA] Kento Momota Out, Rahmat Erwin Abdullah Mengguncang Tokyo

KOMPASIANA---Unggulan utama tuan rumah Olimpiade 2020, Jepang, Kento Momota, terpaksa angkat kaki lebih dulu.

Momota kalah dari atlet badminton Korea Selatan, Heo Kwang Heee, pada pertandingan terakhir Grup A, di Musashino Forest Sport Plaza, Rabu (28/7/2021) kemarin.

Momota harus mengakui keunggulan Heo Kwang Heee dua set langsung, 15-21 dan 19-21.

Kekalahan Momota ini bisa jadi angin segar bagi Indonesia. Pasalnya gugurnya Momota membuat peluang dua atlet Tanah Air Anthony Sinisuka Ginting dan Jonathan Christie menjadi lebih lebar.

Sementara itu, lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah, sukses menorehkan sejarah cemerlang di dunia angkat besi level dunia.

Rahmat, Rabu (28/7/2021) kemarin, baru saja meraih medali perunggu dalam debutnya di Olimpiade 2020.

Bertanding pada kelas 73 kg di Tokyo International Forum, Jepang, pria asal Makassar ini tampil impresif di Grup B, usai membukukan total angkatan 342 kg.

Pembahasan mengenai Kento Momota dan Rahmat Erwin Abdullah ini pun menjadi topik paling menarik perhatian pembaca.

Berikut konten-konten menarik dan populer kanal Olahraga di Kompasiana:

1. Momota Out, "Jalan Lapang" Ginting-Jojo Buru Medali Emas Tunggal Putra

Kompasianer Hadi Santoso berpendapat tersingkirnya Momota, menjadi berkah bagi dua tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie.

Ginting dan Jonatan, dikatakannya, seharusnya bisa memanfaatkan momentum itu. Sebab, selama ini, Momota kerapkali menjadi batu sandungan bagi mereka di turnamen BWF World Tour.

Kendati begitu, menurutnya, adalah Ginting yang paling termotivasi setelah Momota tersingkir.

"Ya, mimpi banyak orang untuk melihat duel "MomoGi" alias Momota vs Ginting di final gagal kesampaian. Kini, mari berharap Ginting bisa melaju ke final," tulisnya. (Baca selengkapnya)

2. Kento Momota Lemas, Ginting Pas Mantap, Jonatan Christie Bikin Was-was

Kejutan besar terjadi. Tunggal putra unggulan nomor satu sekaligus andalan tuan rumah, Kento Momota tersingkir dari Olimpiade Tokyo 2020.

Tanpa diduga, tunggal Korea Selatan yang tak diunggulkan, Heong Kwang Hee, tampil impresif dan agresif. Kento Momota kewalahan dua set langsung, 15-21 dan 19-21.

Kompasianer Arnold Adoe berpendapat, Momota sebenarnya tak tampil buruk, terutama di set pertama. Di set awal ini, Momota sudah memipin hingga marjin 5 poin ketika unggul 9-4.

Perlahan tapi pasti, Heo Kwang Heee yang terlihat cerdas bermain sabar dari depan net, mampu mengejar bahkan unggul jauh 21-15 di set pertama.

Lanjut pada set kedua, Heo sudah mendapatkan kepercayaan dirinya sekaligus membuat Momota terpontang-panting, meski sempat menyamakan kedudukan 17-17.

"Bagi saya, harapan untuk Momota agar meraih emas seperti membuat Momota tertekan. Hal ini sudah diungkapkannya sejak Mei lalu," tulisnya. (Baca selengkapnya)

3. Rahmat Erwin Abdullah, Lifter Debutan yang Ikut Mengguncang Panggung Olimpiade Tokyo

Dengan kondisi fisik yang tidak terlalu prima, nyatanya Rahmat Erwin Abdullah mampu mengguncang panggung Olimpiade 2020 di Jepang.

Turun di kelas 73 kg, atlet kelahiran Makassar ini tampil mengejutkan babak penyisihan Grup B. Ia melesat ke urutan teratas setelah menyelesaikan total angkatan 342 kg, masing-masing snatch 152 kg dan clean & jerk 190 kg.

Kesuksesan mengangkat bobot sebesar itu mengantarnya ke partai final. Ia pun beradu dengan lifter-lifter unggulan dari Grup A. Dengan demikian, Rahmat Erwin berhak atas medali perunggu.

Status sebagai debutan ternyata tak selamanya sekadar penggembira. Buktinya, Rahmat Erwin baru saja membuat kejutan di Tokyo International Forum, Rabu (28/7/2021).

Lifter 20 tahun ini membuat kontingen Indonesia tersenyum lebar. Jagad sosial media tanah air sontak ramai membicarakannya. (Baca selengkapnya) (IBS)

https://money.kompas.com/read/2021/07/29/110650526/kurasi-kompasiana-kento-momota-out-rahmat-erwin-abdullah-mengguncang-tokyo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke