Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Itu Investor?

JAKARTA, KOMPAS.com - Investor adalah istilah yang barangkali sudah sering kita dengar. Investor seringkali disebutkan dalam pemberitaan terkait ekonomi. Lalu apa yang dimaksud dengan investor (apa itu investor)?

Investor adalah seseorang atau perusahaan yang melakukan penanaman modal dengan harapan bisa mendapatkan keuntungan di masa mendatang.

Jenis-jenis investasi terbilang sangat beragam mulai dari investasi saham, obligasi, reksadana, dana pensiun, komoditas, logam mulia, valuta asing, hingga properti.

Dalam investasi pasar modal, investor berbeda dengan trader. Seorang investor adalah menempatkan modal untuk orientasi keuntungan jangka panjang, sementara seorang trader menempatkan modal dengan harapan menghasilkan keuntungan jangan pendek, meski dengan membeli dan menjual sekuritas secara berulang-ulang.

Lazimnya, seorang investor adalah mengharapkan keuntungan yang lebih besar ketimbang menyimpan uangnya di bank seperti deposito.

Namun semakin besar keuntungan, maka biasanya semakin tinggi pula risiko yang didapatkan. Sehingga arti investor adalah mereka yang siap kehilangan uang atas keputusan investasinya tersebut.

Jenis-jenis investor

Investor berdasarkan penanam modalnya:

  • Investor institusi adalah investor yang merupakan investor perusahaan, organisasi, atau manajer investasi.
  • Investor ritel adalah investor individu yang beroperasi atas kehendak mereka sendiri.

Investor berdasarkan perannya:

https://money.kompas.com/read/2021/08/02/092631426/apa-itu-investor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke