Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kredivo Umumkan Rencana Merger dan IPO, Berapa Valuasinya?

Hal ini diawali dengan rencana merger Kredivo dengan VPC Impact Acquisition Holdings II (NASDAQ: VPCB) sebagai Special Purpose Acquisition Company (SPAC) yang didukung oleh Victory Park Capital. VPCB telah lebih dulu menyelesaikan proses IPO (Initial Public Offering) pada bulan Maret 2021 lalu di bursa NASDAQ Amerika Serikat.

Merger saat ini telah memasuki tahap perjanjian definitif untuk penggabungan bisnis mereka, yang nantinya akan membawa FinAccel (perusahaan induk Kredivo) menjadi perusahaan publik.

Adapun valuasi pro-forma ekuitas mencapai kisaran 2,5 miliar dollar AS atau Rp 36 triliun (kurs Rp 14.400), dengan asumsi tidak ada penebusan, dan diprediksi akan menghasilkan pendapatan kotor lebih dari 30 juta untuk FinAccel.

Co-Founder dan CEO FinAccel Akshay Garg mengatakan, dukungan pertumbuhan yang pesat pada kelas menengah dan pasar e-commerce akan menjadi penopang pertumbuhan Kredivo saat ini. Namun, penyaluran kredit ritel oleh bank-bank konvensional di Asia Tenggara masih terbilang rendah.

“Mengingat 66 persen populasi di Asia Tenggara minim akses ke layanan perbankan, kami juga melihat kesempatan yang luar biasa untuk melayani konsumen dengan beragam kebutuhan keuangan non-kredit. Kami sangat bangga dengan dukungan dan kepercayaan yang tak henti dari para investor terhadap visi dan strategi pertumbuhan jangka panjang kami,” ujar Akshay dalam siaran pers, Selasa (3/8/2021).

Seperti diketahui, Kredivo memiliki sejumlah investor institusi yang berkomitmen terhadap perusahaan sebesar 120 juta dollar AS dalam bentuk Private Investment in Public Equity (PIPE), yang dipimpin oleh Marshall Wace, Corbin Capital, SV Investment, Palantir Technologies, Maso Capital, dan sponsor Victory Park Capital, dengan tambahan komitmen ekuitas sebesar 55 juta dollar ASdari NAVER dan Square Peg.

Victory Park Capital (VPC), sebelumnya menyediakan fasilitas kredit sebesar 100 juta dollar AS kepada Kredivo pada Juli 2020 dan menambahkannya menjadi 200 juta dollar AS pada bulan Juni 2021.

Di samping itu, VPC dan beberapa partnernya memiliki investasi 30 juta dollar AS ke dalam Private Investment in Public Equity (PIPE) dan berkomitmen untuk memegang saham sponsor yang dimiliki selama dua tahun, kecuali jika dipercepat berdasarkan ukuran kinerja perdagangan rata-rata yang dimulai satu tahun setelah penutupan.

Co-CEO dari VPCB dan Partner dari VPC, Gordon Watson mengatakan, sejak investasi pertama, pihaknya mengapresiasi pertumbuhan, metrik kredit maupun unit economics Kredivo, hingga mampu berekspansi ke pasar-pasar baru.

“Kemampuan dari tim manajemen kelas dunia yang dimiliki Kredivo terbukti tidak hanya mampu mengeksekusi strategi bisnisnya, tetapi juga merevolusi industri fintech di Asia Tenggara,” jelas Gordon.

https://money.kompas.com/read/2021/08/03/181632726/kredivo-umumkan-rencana-merger-dan-ipo-berapa-valuasinya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke