Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Melihat Tantangan Besar Industri Kelapa Sawit Indonesia

“Potensi besar pengembangan industri sawit di Indonesia diikuti dengan tantangan besar, di mana isu keberlanjutan atau sustainability menjadi tantangan utama industri sawit saat ini,” kata Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Fadhil Hasan dalam siaran pers, Rabu (4/8/2021).

Fadhil juga menyebut, dalam dekade terakhir, industri sawit di Indonesia telah mengalami transformasi signifikan. Misalkan saja, dari sektor hilir, sawit juga menggerakkan industri makanan, oleochemical, hingga biofuel untuk sektor transportasi.

Ia optimis dengan komitmen keberlanjutan, industri sawit akan terus berkembang.

Menurut Direktur RGE Indonesia Palm Business and Sustainability Bernard A. Riedom komitmen keberlanjutan dalam operasional industri sawit merupakan sebuah keharusan.

Dengan demikian sawit Indonesia bisa menjadi salah satu pemasok yang bahan baku yang unggul bagi perusahaan – perusahaan besar kelas dunia.

“Tantangan dalam bisnis sawit saat ini adalah harus bisa menjawab isu tentang keberlanjutan, tidak saja untuk memenuhi tuntutan pasar global, tapi juga menjalankan komitmen perusahaan, melalui prinsip 5C, yakni Climate, Country, Community, Customer, dan Company,” ujar Bernard.

Di sisi lain, Direktur Sustainability of Apical Group Bremen Young menjabarkan, daya saing sawit yang jauh lebih tinggi dibanding minyak nabati lain membuat tuntutan terhadap aspek keberlanjutan juga begitu tinggi, baik dari pasar global, pemerintahan, maupun pemerhati lingkungan.

Oleh karena itu, perlu metodologi pendekatan untuk mendukung transparansi dan keterlacakan pasokan minyak sawit.

“Melalaui metodologi tersebut, dapat dipastikan dari perkebunan mana pasokan sawit berasal, memastikan perkebunan menjalankan prinsip keberlanjutan, diantaranya melalui perlindungan area konservasi, perlindungan lahan gambut, serta memberikan dampak positif pada masyarakat di sekitar wilayah operasi,” ujarnya.

https://money.kompas.com/read/2021/08/05/081205826/melihat-tantangan-besar-industri-kelapa-sawit-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke