Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Titah Erick Thohir ke Bank Pelat Merah demi Jaga Momentum Pemulihan Ekonomi

Capaian ini disebut sebagai bukti nyata perekonomian Indonesia sedanga berada pada tahap pemulihan dari dampak pandemi Covid-19.

Namun demikian, Erick mengatakan, tren pemulihan tersebut berpotensi terganggu dengan munculnya varian delta ataupun varian virus corona lainnya. Pasalnya, tingginya penyebaran virus corona bakal berdampak ke penurunan aktivitas perekonomian.

"Hal ini tentunya menjadi disrupsi di sektor ekonomi yang terus terpengaruh selama pandemi Covid-19 berlangsung," katanya dalam sebuah webinar, Jumat (6/8/2021).

Mantan bos Inter Milan itu menyebutkan, bank-bank BUMN yang tergabung dalam Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) memiliki peranan penting untuk mengantisipasi hal tersebut.

Guna memaksimalkan potensi perekonomian nasional, anggota Himbara pun telah diminta untuk fokus melakukan pembiayaan ke sektor yang berbeda.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kini diminta untuk tidak hanya fokus pada segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), tetapi juga ke segmen usaha ultra mikro. Ini dilakukan dengan membentuk holding ultra mikro yang beranggotakan BRI, PT Permodalan Nasional Mandiri (Persero), dan PT Pegadaian (Persero).

"Selama ini pembiayaan UMKM tentu sudah berjalan dengan baik. Tapi ini harus kita tingkatkan, karena ini adalah backbone dari ekonomi Indonesia, dan juga salah satu kekuatan pembukaan lapangan kerja," tutur Erick.

Kemudian, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk difokuskan untuk melakukan pembiayaan ke pelaku usaha yang berorientasi ekspor. Ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja ekspor nasional.


Sementara itu, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, diminta Erick untuk lebih fokus lagi kepada pembiayaan segmen properti. Selain ditujukan untuk memenuhi kebutuhan rumah masyarakat, hal ini juga diharapkan mampu membantu program pembangunan perumahan pemerintah.

Terakhir, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk akan difokuskan melakukan pembiayaan ke segmen korporasi. Dengan demikian, kinerja dari perusahaan swasta maupun pelat merah dapat tetap terjaga selama pandemi masih merebak.

"Kita adalah bangsa yang tangguh. Saya optimis kita bisa kerja sama dan saling berkolaborasi untuk melalui berbagai tantangan ke depan dan menjaga ketangguhan ekonomi di kuartal-kuartal mendatang," ucap Erick.

https://money.kompas.com/read/2021/08/06/163500626/titah-erick-thohir-ke-bank-pelat-merah-demi-jaga-momentum-pemulihan-ekonomi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke