Salin Artikel

Strategi Bank BUMN Jaga Laju Pemulihan Ekonomi Nasional

JAKARTA, KOMPAS.com - Laju perekonomian nasional terus menunjukan tren pemulihan. Ini terefleksikan dari data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menunjukan, pada kuartal II-2021 pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 7,07 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Namun demikian, laju pertumbuhan tersebut berpotensi mengalami perlambatan pada kuartal-kuartal selanjutnya. Meningkatnya jumlah kasus aktif Covid-19 menjadi ancaman nyata bagi perekonomian nasional.

Untuk menjaga momentum pemulihan, bank BUMN yang tergabung dalam Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) berkomitmen mendukung upaya pemerintah mendongkrak roda perekonomian.

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sekaligus Ketua Himbara Sunarso mengatakan, Himbara siap bersinergi dalam berbagai aspek guna menggenjot perekonomian RI.

Salah satu hal yang akan terus dilakukan oleh Himbara ialah, menyalurkan kredit, serta menyalurkan berbagai bantuan sosial dan berbagai stimulus dari pemerintah.

"Di mana dalam penyaluran stimulus Himbara memiliki peran yang sangat besar. Komponen keberhasilan stimulus diantaranya yakni anggaran, data, sistem dan komunikasi kepada publik," kata Sunarso dalam keterangannya, Sabtu (7/8/2021).

Menurut dia, untuk menjaga momentum pertumbuhan ini tantangannya adalah bagaimana perekonomian bisa beradaptasi dengan pandemi Covid-19.

Himbara pun disebut siap mendukung adaptasi tersebut.

"Strateginya kami akan mencari di dua area. Pertama, (nasabah) yang eksisting kami naik kelas-kan. Kedua, kami cari sumber pertumbuhan baru yaitu mencari (nasabah) yang lebih kecil dari mikro," tutur Sunarso.

"Maka kita akan tumbuh mencari pertumbuhan baru ke bawah, ini yang kita sebut go smaller (pinjaman lebih kecil), go shorter (dengan tenor yang pendek-pendek), dan go faster (melalui proses digitalisasi maka proses kredit menjadi lebih cepat). Dan tentunya pada akhirnya BRI ingin melayani masyarakat sebanyak mungkin, dengan biaya semurah mungkin," tambah dia.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Darmawan Junaidi mengatakan, pihaknya bersama-sama dengan bank Himbara lainnya tetap berkomitmen mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional dengan turut membantu dunia usaha dalam menghadapi kesulitan di masa pandemi ini.

Bank Mandiri sejak awal pandemi pun telah berkomitmen untuk menyediakan layanan keuangan digital yang terintegrasi bagi masyarakat retail maupun wholesale.

Darmawan berharap, strategi ini dapat turut menjadi katalis pemulihan ekonomi Indonesia ke depan.

"Keberlanjutan pertumbuhan di 2021 akan terus meningkat, artinya optimisme semakin kuat. Kami akan terus sinergikan strategi untuk mendukung pertumbuhan di Semester II 2021 dan tahun depan," ujar dia.

Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Royke Tumilaar mengatakan, UMKM menjadi salah satu “engine of growth” bagi pertumbuhan ekonomi di masa yang akan datang. Ini terlihat dengan banyaknya UMKM yang berpotensi naik kelas dan bisa berkontribusi bagi pertumbuhan di masa depan.

"BNI akan mendukung pemain domestik. Semoga momentum ini bisa untuk akselerasi dengan mendukung UMKM. Bantuan berupa kucuran kredit sudah pasti akan diberikan," tutur Royke.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank Tabungan Negara (Persero) Haru Koesmahargyo menyebutkan, perseroan berkomitmen akan terus berupaya memperbaiki ekosistem perumahan agar dapat memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat Indonesia khususnya bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Ia menilai sektor perumahan sendiri merupakan bisnis yang tangguh di tengah pandemi.

Apalagi, pemerintah dan regulator memberikan stimulus kebijakan yang mendorong sektor perumahan.

“Sebagai bank yang berfokus di sektor pembiayaan perumahan, kami berkomitmen akan terus berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait untuk memperbaiki ekosistem perumahan sehingga dapat mendorong percepatan pencapaian target penyediaan rumah di Indonesia tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ucap Haru.

https://money.kompas.com/read/2021/08/07/125512826/strategi-bank-bumn-jaga-laju-pemulihan-ekonomi-nasional

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.