Salin Artikel

Mengapa Vaksin Covid-19 Harus Disuntikan di Lengan?

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah terus menggalakan program vaksinasi Covid-19. Hal ini dilakukan demi terciptanya herd immunity atau kekebalan kelompok agar Indonesia bisa keluar dari pandemi Covid-19.

Beragam instansi pemerintah pun berlomba-lomba menggelar program vaksinasi massal. Sebab, herd immunity bisa tercapai setelah minimal 70 persen populasi di Tanah air telah disuntikan vaksin.

Untuk menyuntikan vaksin, terdapat beberapa cara. Mulai dari oral (melalui mulut), suntikan di bahwa kulit (subtukan), hingga suntikan di otot (intramuskular).

Untuk vaksinasi Covid-19 sendiri tak bisa secara sembarangan disuntikan di tubuh. Pemberiannya harus melalui suntikan intramuskular di bagian lengan kiri atas menggunakan alat suntik sekali pakai.

Beberapa orang pun penasaran, mengapa vaksin Covid-19 disuntikan di lengan kiri atas?

Mengutip laman indonesiabaik.id, berdasarkan Petunjuk teknis (Juknis) penyuntikan vaksin Covid-19, vaksin ini harus disuntikan intramuskular.

Intramuskular artinya vaksin akan bekerja atau berfungsi di bagian tubuh yang memiliki cukup jaringan otot untuk menyerap dosis vaksin. Vaksin yang mengandung adjuvan harus diberikan secara intramuskuler untuk mengurangi reaksi lokal.

Ternyata, mendapat suntikan vaksin Covid-19 di lengan akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap vaksin.

Pasalnya, otot juga memiliki sel kekebalan. Ini adalah tempat pemberian vaksin sangat baik karena jaringan otot memiliki sel-sel kekebalan yang penting.

Sel kekebalan tersebut mengenali antigen, sepotong kecil virus atau bakteri yang dibawa oleh vaksin untuk merangsang respon kekebalan, tetapi dalam kasus vaksin Covid-19, vaksin tidak memasukkan antigen.

Namun, vaksin memberikan cetak biru, atau fragmen-fragmen kecil dari virus, untuk memproduksi antigen.

Berikut prosedur penyuntikan vaksin Covid-19 berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor HK.02.02/4/1/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19:

https://money.kompas.com/read/2021/08/07/160000426/mengapa-vaksin-covid-19-harus-disuntikan-di-lengan-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.