Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Teten Masduki: 2 Tahun Ini Menjadi Periode yang Tak Mudah bagi UMKM

Hal itu diungkapkan oleh Teten saat memperingati Hari UMKM yang bertepatan pada hari ini, Kamis (12/8/2021).

“Pada momen ini, saya harap rekan-rekan bisa bertahan menghadapi pandemi dan menjadikan ini sebagai tantangan untuk perubahan ke arah yang lebih baik. Rekan-rekan perlu terus berkreasi untuk bisa beradaptasi di masa sulit ini,” jelas Teten.

Teten mengungkapkan untuk tetap bertahan di masa sulit ini, pelaku UMKM harus menyesuaikan diri dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Misalkan saja dengan terus beradaptasi, berinovasi, dan berkolaborasi dengan berbagai pihak.

“Semoga kita terus bisa berkreasi, berinovasi, hingga berkolaborasi dan jadikan UMKM sebagai raja di negeri sendiri. Selamat Hari UMKM Nasional untuk rekan-rekan UMKM di seluruh pelosok tanah air,” ujar dia.

Sebelumnya Teten Masduki mengatakan, sektor UMKM sudah mengalami perbaikan, mendekati level sebelum pandemi Covid-19. Hal ini didasari dua indikator yang menunjukkan peningkatan.

Pertama, penyerapan kredit perbankan untuk UMKM telah mencapai Rp 1.024 triliun per Mei 2021 atau sebesar 20 persen dari anggaran yang disiapkan mencapai Rp 5.576 triliun.

Indikator kedua, yakni survei riset mandiri yang menunjukkan di kuartal II-2021 sebesar 85 persen UMKM menyatakan sudah kembali ke kondisi normal.

https://money.kompas.com/read/2021/08/12/132522026/teten-masduki-2-tahun-ini-menjadi-periode-yang-tak-mudah-bagi-umkm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke