Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berani Menantang Diri, Kiat Sukses Agus Gunawan Raih Karier Impian

JAKARTA, KOMPAS.com - Berani menantang diri untuk belajar dan mencoba hal-hal baru, punya sikap yang positif, dan loyal kepada perusahaan. Hal tersebut menjadi kunci sukses karier Agus Gunawan dari seorang teller menjadi Emerging Business Banking Business Manager PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) di Pontianak, Kalimantan Barat.

Agus, begitu ia akrab disapa, percaya bahwa setiap orang pada dasarnya bisa meraih karier impian apabila mau menantang diri sendiri. Berdasarkan pengalaman 15 tahun bekerja di CIMB Niaga, ia mengatakan, perlu tekad yang kuat, tidak takut gagal, tidak mudah puas, dan terus mengasah kemampuan untuk meraih hasil maksimal.

“Selama bekerja, saya selalu bertekad menjadi lebih baik dengan terus meng-upgrade dan berani menantang diri sendiri untuk belajar hal-hal baru. Dengan keinginan kuat tersebut, saya bisa mengetahui banyak hal dan memperoleh ilmu serta wawasan baru sehingga saya dapat mencapai karier yang lebih tinggi,” kata Agus kepada Kompas.com, Kamis (12/8/2021).

Agus bersyukur, ia mengabdi di perusahaan yang memperhatikan dan menghargai karyawan dengan baik. Mulai dari benefit dan reward hingga mengakomodasi aspirasi karyawan untuk meraih jenjang karier yang lebih tinggi. Apresiasi tersebut memotivasi Agus untuk terus semangat bekerja dan meningkatkan kompetensi diri.

Ia juga merasa beruntung karena dikelilingi lingkungan kerja yang sangat suportif dan senang berbagi ilmu, baik dari atasan maupun rekan kerja. Dari mereka pula, ia mendapatkan dukungan untuk mencoba berbagai posisi baru di CIMB Niaga. Salah satunya, ketika ia memutuskan untuk mengambil tantangan dari bagian supporting unit ke marketing.

“Walaupun harus belajar lebih ekstra, saya menikmati setiap prosesnya karena bisa mendapatkan banyak pembelajaran dan pengalaman baru,” ujar Agus.

Salah satu tantangan Agus pada awal menjadi marketing adalah berinteraksi dan membangun hubungan dengan nasabah. Ini karena sebelumnya ia lebih banyak berada di back office.
Namun, Agus tidak menyerah dan terus belajar. Kini, ia mampu menjalin hubungan yang dekat dan baik dengan banyak nasabah.

“Setelah menjalani dan mempelajari dunia marketing, saya pun menyadari bahwa perusahaan memberi saya kesempatan untuk sharing dan belajar hal baru dari para nasabah. Opportunity ini juga saya manfaatkan untuk membangun kedekatan dengan nasabah sehingga saya bisa memahami kebutuhan mereka dengan lebih baik dan memberikan solusi yang tepat dan relevan,” papar Agus.

Belajar dari pengalaman yang diperolehnya, kini Agus yang bertanggung jawab sebagai team leader bertekad untuk selalu menciptakan lingkungan kerja yang nyaman bagi timnya agar dapat mengembangkan potensi diri.

Oleh karena itu, ia pun senang memotivasi dan memberikan ilmu-ilmu yang dimilikinya agar seluruh tim bisa berhasil dan membuahkan kinerja optimal.

“Kuncinya, jangan pernah berhenti belajar. Untuk bisa meraih karier yang diinginkan, kita harus belajar hal-hal baru setiap hari,” tegas Agus.

Konsisten dan pantang menyerah

Agus mengaku, dalam berkarier ia pernah mengalami ups and downs. Dengan prinsip pantang menyerah, ia pun berhasil mengatasi hal tersebut dan memotivasi diri untuk kembali bekerja maksimal.

Hal tersebut, misalnya, ia rasakan ketika berada dalam posisi yang tidak ia inginkan. Meski sempat down, ia tidak menyerah. Kondisi tersebut justru menantang dirinya untuk membuktikan konsistensi dengan tetap memberikan kinerja terbaik. Ia percaya perusahaan pasti akan memperhatikan kerja kerasnya.

Usaha dan keyakinannya tersebut tidak sia-sia. Terbukti, pada 2016, ia berhasil mendapat apresiasi dari perusahaan dengan memenangkan Outstanding Performance Recognition Award (OPeRA), penghargaan tahunan bagi karyawan berprestasi di CIMB Niaga, sebagai “The Highest SME Loan Booking”.

Tidak hanya itu, ia juga meraih posisi nomor satu sebagai “Top Performance Loan Booking dan Loan Growth SME” untuk area Kalimantan pada tahun yang sama.

Prestasinya pun terus berlanjut saat dirinya diangkat menjadi business manager. Pada 2019, ia sukses menjadi pemenang OPeRA untuk kategori “Best Business Manager SME” dan “Best Value Chain Contributor for Banking Head MSME”.

“Saya punya prinsip bahwa hidup adalah suatu proses. Kalau suatu saat kita pernah gagal, harus cepat bangun dan kembali mencoba. Tetap optimistis, lakukan pekerjaan dengan maksimal, dan jangan pernah menyerah,” ujar Agus.

Agus juga memiliki kiat untuk bankir muda agar sukses berkarier. Pertama, bekerja sebaik-baiknya. Kedua, menjunjung tinggi profesionalitas, disiplin, dan bertanggung jawab. Ketiga, bersikap sopan kepada semua orang karena pribadi yang baik akan membawa kepada kesuksesan dan membuat diri menjadi lebih baik.

“Pada akhirnya, sukses bukanlah suatu kebetulan. Sukses adalah kerja keras, tekun belajar, dan yang penting mencintai pekerjaan kita,” tutur Agus seraya menekankan pentingnya menjaga konsistensi bekerja.

https://money.kompas.com/read/2021/08/13/080200726/berani-menantang-diri-kiat-sukses-agus-gunawan-raih-karier-impian-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke