Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Investor Harap PPKM Tidak Diperpanjang, IHS Berada di Zona Hijau

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan akhir pekan ketiga Agustus, bergerak di zona hijau, Jumat (13/8/2021).

Berdasarkan data RTI, pukul 9.23 WIB, IHSG naik 0,10 persen (6 poin) ke level 6.145,70

Sebanyak 203 saham menguat, 196 melemah, 167 saham tidak mengalami perubahan harga atau stagnan.

Nilai transaksi perdagangan yang diperoleh pada pukul tersebut sebesar Rp 2.694 triliun dari 4,2 miliar lembar saham diperjualbelikan.

Investor asing masih melakukan aksi jual saham di seluruh pasar hari ini, yang mencapai Rp 6,87 miliar. Adapun saham-saham yang dilepas oleh investor asing pagi ini adalah UNTR, TLKM, ANTM, INTP, SMGR, EXCL, dan JSMR, dan MNCN.

Menurut Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan, IHSG hari ini diprediksi menguat. Secara teknikal candlestick membentuk formasi piercing line mengindikasikan penguatan dalam jangka waktu pendek. Pergerakan akan minim data ekonomi menjelang akhir pekan.

"Investor cukup optimis akan data Covid-19 dalam negeri yang sudah turun dan diharapkan PPKM tidak akan kembali diperpanjang pada pekan depan," kata Dennies dalam proyeksi tersebut.

Senada, analis Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya yang menilai, perkembangan pergerakan IHSG terlihat masih belum keluar dari rentang konsolidasi wajarnya, tetapi peluang kenaikan jangka pendek masih terlihat.

Selama support level terdekat dapat dipertahankan di tengah tekanan yang berlangsung.

"Hal ini juga ditopang oleh masih tercatatnya capital inflow secara year to date yang menunjukkan kepercayaan terhadap Pasar Modal Indonesia. Hari ini, IHSG masih berpotensi bergerak pada zona hijau," ujar William dalam proyeksinya.

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

https://money.kompas.com/read/2021/08/13/101057326/investor-harap-ppkm-tidak-diperpanjang-ihs-berada-di-zona-hijau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke