Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Profil Timur Sukirno, Komisaris Utama Baru Garuda Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Timur Sukirno diangkat menjadi Komisaris Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Pengangkatan itu terjadi saat maskapai pelat merah itu menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Jumat (13/8/2021).

Timur ditunjuk menjadi Komisaris Utama Garuda Indonesia untuk menggantikan Triawan Munaf. Triawan sendiri merupakan mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Lantas, seperti apa profil Timur Sukirno?

Timur diketahui merupakan salah satu lawyer terkenal di Indonesia. Bahkan dia masuk ke dalam daftar 100 pengacara terbaik di Indonesia pada tahun 2021 versi Asia Business Law Journal yang dirilis pada 18 Juni 2021.

Dia merupakan Senior Partner kantor hukum Hadiputranto Hadinoto & Partners (HHP).

Mengutip laman LinkedIn pribadinya, disebutkan dia memiliki keahlian khusus soal restrukturisasi, kepailitan dan arbitrase bisnis.

Pria yang juga lulusan S1 Fakultas Hukum di Universitas Indonesia ini juga merupakan pendiri Indonesian Receivers and Administrators Association.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan transformasi dan efisiensi di PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk terus dilakukan dengan tepat dan cepat.

Hal ini dia ungkapkan setelah Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Garuda Indonesia yang memutuskan adanya perubahan struktur, nomenklatur dan jajaran di dewan komisaris dan dewan direksi perusahaan.

“Kementerian BUMN memastikan transformasi dan efisiensi terus terjadi di Garuda Indonesia, dengan mengurangi jumlah komisaris dari 5 menjadi 3 orang, serta jumlah direksi dari 8 orang menjadi 6 orang. Selain itu, kami memperkuat pengawasan perusahaan dengan mengangkat dua sosok Komisaris dengan keahlian dan rekam jejak yang tidak diragukan lagi di bidang restrukturisasi dan manajemen risiko perusahaan,” ujar Erick Thohir dalam keterangan tertulisnya, Jumat (13/8/2021).

Dalam RUPST Garuda hari ini memutuskan pengalihtugasan Chairal Tanjung sebagai komisaris, memberhentikan dengan hormat Triawan Munaf, Peter F. Gontha, Zannuba Arifah Ch. R (Yenny Wahid), dan Elisa Lumbantoruan dari jabatan anggota dewan komisaris.

Dalam RUPST tersebut juga diputuskan untuk memberhentikan dengan hormat Dony Oskaria, dan M. Rizal Pahlevi dari anggota dewan direksi perusahaan.

Berikut susunan lengkap dewan direksi dan komisaris Garuda Indonesia:

Dewan Komisaris

  • Timur Sukirno - Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen
  • Chairal Tanjung - Komisaris
  • Abdul Rachman - Komisaris Independen.

Dewan Direksi

https://money.kompas.com/read/2021/08/13/193000126/profil-timur-sukirno-komisaris-utama-baru-garuda-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke