Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

2 Strategi Penambah Energi Hoki

Maka, inilah saatnya perusahaan bergerak maju menuju Green Ocean Strategy atau Strategi Samudera Hijau.

Green Ocean Strategy terdiri dari 8 strategi yang dikembangkan secara khusus untuk membantu korporasi mampu bertumbuh dan berkembang, khususnya pada kondisi yang penuh dengan disrupsi seperti saat ini.

Dengan 8 strategi yang terdapat artikel ini, Anda dan perusahaan akan mampu bertumbuh dan berkembang dengan pesat.

Kita lanjutkan kajian kita kepada Strategi yang ketiga yaitu, Strategi 2 K, pada hakikatnya strategi ketiga ini kami rancang untuk menambah energi agar Anda dan perusahaan semakin hoki atau beruntung.

Untuk melaksanakan strategi ketiga ini kita memerlukan 2 tahap mudah dan sangat sederhana. Dua tahap ini supaya lebih nyaman untuk dipahami kita singkat dengan istilah 2K, mari segera kita kupas.

K yang pertama adalah kesiapan atau readiness. Tahap pertama ini sangat penting untuk memastikan apakah Anda dan perusahaan yang Anda pimpin, layak mendapatkan keberuntungan atau tidak.

Dengan kata lain K pertama ini adalah syarat mutlak yang wajib dimiliki tanpa ada negosiasi sedikitpun.

Lantas apa yang dimaksud dengan kesiapan dan apa yang perlu disiapkan?

Kesiapan di sini adalah beberapa hal yang wajib Anda miliki sebagai individu dan atau sebagai perusahaan. Beberapa kesiapan itu terdiri dari; Pengetahuan (knowledge), Kemampuan (skill), Sikap (attitude), Perilaku (behavior).

Jika beberapa kesiapan tersebut ternyata sudah kita miliki, maka langkah berikutnya adalah meningkatkan semua aspek tersebut.

Pastikan peningkatan tersebut di atas rata-rata yang mampu dicapai oleh orang pada umumnya, atau oleh perusahaan lainnya. Karena, dengan kita memiliki kesiapan di atas rata-rata ini, kita memiliki daya saing yang signifikan.

Kemudian K yang kedua adalah Kesempatan atau opportunity. Tahap kedua ini diperlukan untuk memastikan kesiapan yang kita upayakan berubah menjadi keberuntungan atau hasil yang Anda harapkan.

Karena keburuntungan atau rezeki dengan berbagai definisinya adalah bertemunya Kesempatan dengan Kesiapan.

Dengan Strategi K2 ini kita mengikhtiarkan untuk menjodohkan antara Kesiapan dengan Kesempatan sehingga bisa berubah menjadi keberuntungan.

Cara ini bisa dianalogikan dengan kita menambah kapasitas diri seperti menambah kapasitas tampung ember.

Ember manakah yang mampu menampung air hujan lebih banyak? Apakah ember dengan volume 10 liter atau ember dengan volume 20 liter?

Tentu ember dengan volume 20 liter yang paling siap menampung air hujan lebih banyak. Maka ember adalah Anda dan volumenya adalah Kesiapan Anda dan air hujan adalah Kesempatan.

Sambil menunggu air hujan turun atau kesempatan itu datang, mari terus tingkatkan kesiapan dan kapasitas diri kita.

Bahkan dalam beberapa kasus empiris, kesempatan datang disebabkan Anda sangat siap, atau memiliki kesiapan yang sangat dahsyat.

Ada banyak cara untuk meningkatkan kesiapan diri Anda, cara ini dalam beberapa kesempatan sering saya sebut sebagai Self Enrichment, Self Development atau Self Investment.

Lalu bagaimana dalam konteks perusahaan?

Secara umum esensinya sama saja, yaitu perusahaan harus terus meningkatkan kesiapan dan kapasitasnya agar mampu menjemput semua kesempatan bisnis dengan sigap. Termasuk perusahaan harus selalu siap berubah minimal sama cepatnya dengan perubahan itu atau disebut sebagai proses adaptasi perusahaan terhadap perubahan lingkungan bisnis.

Contoh yang paling relevan, sebuah pabrik tekstil di kawasan Cikampek yang hampir bangkrut dihantam pandemi karena kehilangan pesanan ekspor.

Dengan kondisi yang sulit mereka hampir saja harus melakukan PHK terhadap 2.000 karyawan. Namun mereka bergerak dan berubah dengan cepat, yaitu mengubah produksi pakaian menjadi produksi masker dan APD untuk masyarakat awam dan tenaga kesehatan.

Dengan berubah sama cepatnya dengan perubahan mereka menjadi perusahaan yang memiliki kesiapan untuk menghadapi tantangan dan kesiapan tersebut akhirnya bertemu dengan kesempatan yaitu pesanan masker dan APD yang melimpah sehingga mereka selamat dan bertumbuh meski di masa sulit.

Jadi dengan Strategi 2 K ini, Anda sekarang memiliki tambahan Energi untuk semakin Hoki!
Salam Sukses Selalu untuk kita semua dan mari terus berdoa agar badai pandemi ini cepat pergi.

https://money.kompas.com/read/2021/08/15/141500826/2-strategi-penambah-energi-hoki

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke