Salin Artikel

Jawab Keresahan UMKM, Shopee Gandeng Pemprov Jateng Dirikan Kampus UMKM di Semarang

KOMPAS.com – Untuk menjawab keresahan yang dirasakan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Jawa Tengah (Jateng), Shopee bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng meresmikan Kampus UMKM Shopee Semarang, Minggu (15/8/2021).

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, pihaknya banyak menerima keluhan dari para pelaku UMKM selama pandemi Covid-19 dan penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Saya banyak sekali mendapat aduan, protes. ‘Pak Ganjar PPKM berhenti kapan? Kami sudah klenger.’ Beberapa hari yang lalu saya ngobrol sama UMKM, ternyata ada yang penjualannya naik 100 persen, tapi di sisi lain ada juga penjual yang belum bisa memanfaatkan peluang,” kata Ganjar dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu.

Menurut Ganjar, UMKM harus dapat memanfaatkan peluang di tengah pandemi. Mulai dari memahami keunggulan produk hingga perjalanan untuk mendapatkan konsumen.

Karenanya, ganjar berharap, kehadiran Kampus UMKM Shopee dapat menjadi solusi bagi UMKM yang kurang mengerti dan memahami peluang yang ada di platform digital.

“(Melalui) kampus ini, para pelaku UMKM bisa mengerti cara jualan online itu seperti apa, dikasih jalan untuk ke konsumen, dan diajarkan bagaimana cara berjualan yang menarik. Kami berharap UMKM bisa semakin bangkit dan tangguh untuk bisa terus mempromosikan barangnya,” papar Ganjar.

Ia menjelaskan, peran marketplace semacam itu sangat diperlukan. Jadi, ketika ada pelaku UMKM yang masih belum mengerti serta ingin belajar lebih jauh tentang berjualan lewat platform digital bisa datang dan belajar secara gratis.

Dalam acara peresmian tersebut juga dilakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Shopee dan Pemprov Jateng.

Selain itu, Shopee juga menandatangai Perjanjian Kerjasama dengan Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (Diskop UKM) Provinsi Jawa Tengah untuk memperkuat UMKM melalui pembinaan yang berkelanjutan.

Untuk diketahui, peresmian Kampus UMKM Shopee Semarang bertepatan dengan Hari Jadi Provinsi Jawa Tengah. Selain di Semarang, Shopee telah mendirikan Kampus UMKM Shopee Ekspor di Surakarta. 

Siapkan 4 kampus UMKM baru

Direktur Shopee Handhika Jahja mengatakan, Shopee juga tengah mempersiapkan 4 kampus UMKM di kota-kota lain di Jateng. Keempat Kampus UMKM Shopee ini akan didirikan di pusat-pusat UMKM di Jateng. Tujuannya, untuk menjangkau titik sentra UMKM Jawa Tengah.

Ke depan, dengan hadirnya 5 Kampus UMKM Shopee dan satu Kampus UMKM Shopee Ekspor, diharapkan dapat semakin memperkuat ekosistem digital UMKM di Jateng. Dengan demikian, sebanyak 700.000 UMKM Jateng dapat Go Digital pada 2022.

“Tentu kami ingin UMKM di Jawa Tengah naik kelas. Tidak hanya Go Digital, tapi juga berpotensi menembus pasar ekspor,” kata Handhika.

Sebelumnya, Shopee juga telah mendirikan Kampus UMKM Shopee Ekspor di Bandung dengan menargetkan 100.000 UMKM ekspor dari Jawa Barat.

Langkah agresif yang dilakukan Shopee di beberapa daerah itu diharapkan dapat menjadi solusi dalam menggerakkan aktivitas ekonomi, khususnya UMKM.

https://money.kompas.com/read/2021/08/15/162627126/jawab-keresahan-umkm-shopee-gandeng-pemprov-jateng-dirikan-kampus-umkm-di

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.