Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sandiaga Uno Tawari Anak Pedagang Kecil Beasiswa Sekolah Kedokteran

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menawarkan beasiswa sekolah kedokteran untuk salah satu anak pedagang kecil bernama Auorora.

Hal tersebut terjadi saat penyerahan beasiswa untuk 1.000 anak pedagang kecil yang dilakukan secara virtual pada Minggu (15/8/2021).

Mulanya, Sandiaga Uno menyapa para penerima beasiswa yang hadir secara virtual. Salah satunya yang bernama Aurora Talitha Siregar, pelajar dari SMPN 21 Pontianak.

"Asalamuallikum Aurora apa yang mau disampaikan, saya dengar cita-citanya sangat mulia waktu itu mau jadi dokter ya, kenapa enggak jadi?" tanya Sandiaga.

"Karena untuk menjadi seorang dokter harus kuliah dan mengeluarkan biaya yang banyak orang tua saya nggak mampu," jawab Aurora.

Mendengar jawaban tersebut, pria yang akrab disapa Sandi ini pun menawarkan beasiswa kepada Aurora untuk menjadi seorang dokter. Terlebih, kata diaa, saat ini Indonesia sedang kekurangan dokter di masa pandemi Covid-19.

"Aurora kita sekarang lagi kekurangan dokter karena kita sedang menghadapi pandemi dan kesehatan ini menjadi utama, kalau saya dapatkan beasiswa untuk Aurora, apakah Aurora mau belajar yang tekun untuk menjadi seorang dokter?," ucap Sandiaga Uno.

"Iya mau," jawab Aurora.

Dalam kesempatan itu, Sandi juga menyempatkan diri untuk menyemangati para pelajar lainnya. Dia pun mengutip pernyataan Presiden RI ke-1 Soekarno terkait pembangunan karakter.

Menurutnya pembangunan berbasis karakter adalah kata kunci keberhasilan dari pendidikan nasional.

"Adik-adik, para pelajar yang saya banggakan bertepatan dengan 17 Agustus, izinkan saya untuk mengutip salah satu pernyataan tokoh Prolamator Soekarno yang mengatakan bangsa ini harus di bangun dengan mendahulukan pembangunan karakter, kalau tidak dilakukan bangsa Indonesia akan menjadi bangsa kuli," ucap dia.

Atas dasar itu, Sandi mengajak seluruh penerima beasiswa agar tidak patah semangat dalam menghadapi Covid-19.

"Adik-adik, para siswa yang saya banggakan ditengah musibah pandemi Covid-19, saya mengajak agar jangan patah semangat, meski tidak mudah namun kita harus yakin dengan harapan dan optimisme kita bisa bangkit," ungkap Sandiaga Uno.

Sementara itu, Co-founder Kahmipreneur George Edwin menuturkan, di masa pandemi Covid-19 ini salah satu yang sangat terdampak adalah pedagang kecil di seluruh wilayah Indonesia. Hal tersebut juga berpengaruh untuk pendidikan anak-anak mereka.

Menurutnya, anak-anak pedagang kecil ini harus menyesuaikan dengan kebijakan saat pandemi dan banyak dari mereka yang terkendala seperti, kuota dan handphone yang tidak ada.

Berlatar belakang dari hal tersebut Kahmipreneur hadir untuk memberikan bantuan beasiswa untuk anak pedagang kecil dengan tepat sasaran.

"Dan ini telah sampai ke gelombang ketiga, insha Allah beasiswa tepat sasaran untuk anak-anak pedagang kecil yang terdampak Covid-19, " kata George Edwin.

Sebagai informasi, pembagian beasiswa ini merupakan gelombang ketiga. Adapun total kuota beasiswa yang diberikan dalam acara tersebut sebanyak 1.000 pelajar SD, SMP, SMA dan mahasiswa yang sudah diseleksi dari 34 provinsi.

Diharapkan dengan pemberian beasiswa tersebut dapat bermanfaat ditengah kondisi pandemi Covid-19.

https://money.kompas.com/read/2021/08/15/204500326/sandiaga-uno-tawari-anak-pedagang-kecil-beasiswa-sekolah-kedokteran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke