Salin Artikel

Daftar Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

KOMPAS.com - Banyak orang merasa jenuh dengan pekerjaannya. Gaji besar dan berbagai fasilitas lainnya terkadang tetap membuat menginginkan resign. Ada beberapa contoh surat pengunduran diri atau contoh surat resign yang bisa Anda jadi pedoman.

Namun demikian, keputusan pengunduran diri merupakan hal yang sensitif, sehingga Anda harus menyampaikannya dengan benar dan baik, agar ke depannya Anda meninggalkan kesan yang positif pada bekas perusahaan.

Surat pengunduran diri adalah sebuah surat yang biasanya menjadi syarat administratif, untuk memberitahukan kepada atasan maupun HRD bahwa Anda ingin berhenti dari pekerjaan.

Karena berbentuk surat resmi, maka ada baiknya surat pengunduran diri dibuat dengan baik dan benar serta berpedoman pada asas kesopanan. Beberapa contoh surat pengunduran diri atau contoh surat resign bisa Anda pakai.

1. Contoh surat pengunduran diri atau contoh surat resign pertama:

Bekasi, 16 Agustus 2021

Kepada
Yth. Pimpinan
PT ...............
di Bekasi

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: …….........
Alamat: …………
Jabatan: ………...
Nomor ID: ……..

Melalui surat pernyataan ini, saya berniat untuk mengajukan permohonan pengunduran diri saya dari jabatan ...... di perusahaan .... Terhitung mulai tanggal ....... (tanggal/bulan/tahun).

Sebelumnya, saya dengan rasa syukur yang sebesar-besarnya berterima kasih kepada Bapak/Ibu karena sudah memberikan saya kesempatan untuk dapat bekerja, belajar, dan berkembang di perusahaan Bapak/Ibu.

Selain itu, saya juga ingin mengucapkan rasa terima kasih pada rekan-rekan kerja saya di sini yang telah berjuang bersama dalam mencapai target perusahaan.

Saya juga ucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya karena saya tidak lagi menjadi bagian dari perusahaan Bapak/Ibu. Saya pun memohon maaf untuk segala kesalahan saya yang mungkin sempat meninggalkan kesan buruk di hati Bapak/Ibu.

Semoga, perusahaan Bapak/Ibu dapat terus berkembang.

Demikian surat pengunduran diri saya ini yang dibuat dengan kesadaran dan tanpa tekanan dari pihak manapun.

Hormat saya,
tanda tangan
(nama lengkap)

2. Contoh contoh surat pengunduran diri atau contoh surat resign kedua:

Jakarta, 18 April 2021

Kepada
Yth. Pimpinan
PT ....................
di Jakarta

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :
Alamat :
Jabatan :

Dengan adanya surat ini, saya bertujuan untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan di perusahaan Bapak/Ibu terhitung pada tanggal 1 Mei 2021.

Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya karena sudah diberikan kesempatan untuk belajar dan bekerja secara professional di perusahaan Bapak/Ibu.

Saya memohon maaf sebesar-besarnya karena tidak dapat menjadi bagian dalam perusahaan Bapak/Ibu di kemudian hari. Semoga perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin semakin berkembang.

Demikiran surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran serta atas keinginan sendiri, tanpa ada paksaan dari siapapun.

Hormat saya,
tanda tangan
(nama lengkap)

Itulah dua contoh surat pengunduran diri atau contoh surat resign yang bisa dijadikan pedoman.

3. Contoh contoh surat pengunduran diri atau contoh surat resign ketiga:

Jakarta, 20 Maret 2022

Kepada
Yth. Pimpinan
PT ....................
di Jakarta

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :
Alamat :
Jabatan :

Melalui surat ini, saya mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari jabatan Staf Pajak di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Terhitung pada tanggal 30/4/2022 bersama dengan karena kontrak yang telah berakhir.

Saya memutuskan untuk tidak lagi menjadi bagian dari perusahaan. Tidak lupa saya ucapkan mohon maaf atas segala kesalahan yang mungkin sempat saya lakukan dan meninggalkan kesan buruk di hati Bapak/Ibu selama bekerja.

Dengan rasa syukur saya ucapkan berterima kasih kepada Bapak/Ibu karena sudah memberikan saya kesempatan untuk bekerja, belajar, dan berkembang di perusahaan Lingkar Senja selama 10 tahun. Selain itu, saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada rekan kerja yang telah banyak kerja sama untuk mencapai target perusahaan.

Demikian surat ini saya buat tanpa paksaan dari orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu.

Hormat saya,

(Nama jelas dan tanda tangan)

4. Contoh contoh surat pengunduran diri atau contoh surat resign keempat (Bahasa Inggris):

January 1st, 2022

Samuel Eto'o

CEO Mas Jawa Inc.
Jakarta

Dear Sir,

It greatly saddens me to send you this letter of resignation. Effective the end of this month, I no longer will be working at Lingkar Senja Inc. as an Software Engineer.

I will be resigning due to a number of worsening health complications for some time and feel it would be best to focus on recovery. Unfortunately, it has become clear that I am unable to meet my duties and expectations as an Software Engineer. It is therefore in the best interest of all parties that I resign.

I have been very fortunate to be given the fantastic opportunities to grow and make lifelong friends during my time at Mas Jawa Inc. Thank you so much for your guidance and support during the last ten years.

Although I no longer can do the work I once could, I hope to remain a resource and that we will stay in touch. Thank you so much for all the opportunities, and I wish everyone at Mas Jawa Inc. the very best and your company is always growing.

Sincerely

5. Contoh contoh surat pengunduran diri atau contoh surat resign kelima:

Surabaya, 30 Maret 2022

Kepada Yth,

HRD PT Cinta Abadi

Dengan Hormat,

Melalui surat yang tertulis ini, saya atas nama Hambali bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT Cinta Abadi yang mana saya memiliki posisi sebagai Debt Collector.

Saya mengajukan permohonan pengunduran diri ini karena alasan kesehatan. Untuk lebih jelasnya saya mohon maaf karena tidak bisa memberi tahu melalui surat ini.

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan kerja yang telah diberikan kepada saya selama 5 tahun ini. Banyak pengalaman dan cerita yang sudah saya lalui bersama perusahaan ini dalam suka maupun duka.

Saya mohon maaf jika selama bekerja banyak melakukan kesalahan yang mungkin merugikan pihak perusahaan.

Demikian surat ini saya buat dan serahkan dengan sebena-benarnya tanpa paksaan orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu.

Semoga PT Cinta Abadi akan semakin berkembang dan maju.

Hormat Saya,

Hambali

Itulah beberapa contoh surat pengunduran diri atau contoh surat resign yang bisa jadi acuan umum. 

https://money.kompas.com/read/2021/08/16/100642026/daftar-contoh-surat-pengunduran-diri-yang-baik-dan-benar

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.