Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Respons Pidato Jokowi, Sandiaga Uno Percepat Akselerasi Digital UMKM di Sektor Parekraf

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, merespons arahan Presiden Joko Widodo saat penyampaian RUU APBN Tahun Anggaran 2022 dan Nota Keuangan pada Rapat Paripurna DPR-RI Tahun Sidang 2021-2022, di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Senin (16/8/2021).

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan dalam pidatonya, terkait dengan akselerasi digitalisasi pelaku UMKM, khususnya di sektor ekonomi kreatif melalui pemanfaatan platform digital sebagai bentuk inovasi dalam mendistribusikan serta mempromosikan produk-produk para pelaku ekonomi kreatif.

“Melalui digitalisasi UMKM ekonomi kreatif, akan mempermudah UMKM untuk masuk ke rantai pasok global. Digitalisasi UMKM yang masuk ke platform digital jumlahnya terus bertambah. Sampai Agustus ini, sudah lebih dari 14 juta UMKM atau 22 persen dari total UMKM yang sudah bergabung dengan aplikasi e-commerce,” kata Jokowi.

Terkait hal tersebut, Sandiaga menyatakan akan melanjutkan dan mempercepat program akselerasi digital bagi pelaku ekonomi kreatif (ekraf).

Di sisi lain, digitalisasi pelaku ekonomi kreatif harus didukung dengan pelaksanaan program konkret.

“Langkah konkret seperti program Bangga Buatan Indonesia yang dilaksanakan secara kolaboratif oleh kementerian dan lembaga terkait dengan target mendigitalisasi 30 juta pelaku UMKM sebelum tahun 2023,” kata Sandiaga melalui siaran pers, Senin (16/8/2021).

Sandiaga mengungkapkan, Kemenparekraf juga terus mendorong para pelaku ekonomi kreatif untuk memanfaatkan platform digital dalam melakukan kegiatan perniagaan, mulai dari promosi, distribusi, hingga transaksi produk.

“Sehingga para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif bisa menjadi pandemic winner dengan tetap bertahan dan menciptakan peluang kerja bagi masyarakat kita terutama yang berhubungan dengan transformasi menuju digitalisasi,” ujar dia.

Untuk meningkatkan akselerasi digital, Sandiaga juga menginisiasi program “Beli Kreatif Lokal” yang telah dilaksanakan di kawasan destinasi super prioritas (DSP).

Sandiaga mengatakan, melalui program ini, UMKM yang berpartisipasi mengalami peningkatan penjualan hingga tiga kali lipat, sekaligus meningkatkan digitalisasi.

“Program ini berhasil meningkatkan penjualan UMKM yang berpartisipasi hingga tiga kali lipat dan meningkatkan digitalisasi hingga 170 persen,” ujar dia.

Partisipasi UMKM dalam ekonomi digital adalah hal yang sangat penting karena potensi ekonomi digital di Indonesia yang sangat besar.

Pada 2020, nilai transaksi perdagangan digital Indonesia mencapai lebih dari Rp 253 triliun dan diperkirakan akan meningkat menjadi Rp 330,7 triliun di tahun 2021.

https://money.kompas.com/read/2021/08/16/191222626/respons-pidato-jokowi-sandiaga-uno-percepat-akselerasi-digital-umkm-di-sektor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke