Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan DJP Online: Cara Lapor SPT dan Membuat NPWP Baru

KOMPAS.com - DJP Online adalah sebuah layakan berbasis aplikasi maupun website yang dirilis Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan yang berguna untuk mempermudah berbagai layanan perpajakan.

Pajak merupakan iuran wajib yang harus dibayarkan wajib pajak kepada negara. Pajak yang terkumpul digunakan untuk kepentingan bersama seperti pembangunan infrastruktur, membiayai pendidikan, kesehatan, dan kepentingan publik lainnya.

Seiring meluasnya penggunaan teknologi, proses pelaporan dan pembayaran pajak semakin mudah dengan memanfaatkan teknologi digital melalui layanan DJP Online.

Karena bisa dilakukan melalui DJP Online, wajib pajak yang hendak lapor atau atau membayar pajak tidak perlu repot keluar rumah dan mengantre di kantor pajak.

Beberapa fitur dalam DJP Online antara lain lapor SPT, e-billing pajak, dan pembuatan NPWP baru (e-registrasi).

Cara membuat NPWP di DJP online

Dikutip dari keterangan resmi Kementerian Keuangan, cara daftar NPWP online adalah wajib pajak harus melengkapi syarat berikut ini:

Syarat buat NPWP online pribadi karyawan atau tidak menjalankan usaha:

  • Fotocopy KTP (WNI)
  • Fotocopi paspor, fotocopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) untuk WNA

Syarat daftar NPWP online untuk wajib pajak yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas:

Berikut tahapan cara daftar NPWP di DJP online:

Cara lapor SPT di DJP Online

Untuk lapor SPT di DJP Online, wajib bisa melakukannya melalui fitur e-filing yang dapat diakses melalui link djponline.pajak.go.id.

Berikut ini adalah tahapan yang harus dilalui bila ingin mengisi SPT secara online dengan e-filing.

Pertama, wajib pajak harus memiliki e-mail dan nomor ponsel yang aktif. Jika tidak ada maka harus dibuat.

Pada tahapan ini, mintalah aktivasi Electronic Filling Identification (EFIN) yang biasanya digunakan untuk mengaktivasi akun e-filing. Kamu dapat meminta EFIN dengan mendatangi KPP terdekat.

Atau, kamu bisa melakukan permohonanan EFIN baru melalui e-mail resmi masing-masing KPP yang diumumkan melalui papan pengumuman di KPP, akun media sosial KPP, atau di laman www.pajak.go.id/unit-kerja.

Setelah itu, kunjungi laman djponline.pajak.go.id dan buka e-mail untuk mengaktivasi e-mail baru, kemudian masukkan nomor NPWP dan password yang telah dibuat.

Berikut ini cara isi SPT tahunan selengkapnya jika sudah login ke DJP Online melalui e-filing:

Nah, jika sudah selesai, jangan lupa ada tahap selanjutnya yang juga penting. Kamu perlu buka e-mail untuk kembali memastikan apakah kamu sudah menerima bukti penerimaan elektronik SPT Tahunan. Cetak dan simpan.

Jangan lupa pula untuk menyimpan NPWP, nomor EFIN, alamat e-mail dan password, serta password DJP online yang nantinya digunakan untuk melapor SPT tahun berikutnya.

https://money.kompas.com/read/2021/08/19/103844326/panduan-djp-online-cara-lapor-spt-dan-membuat-npwp-baru

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke