Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Survei: 8 dari 10 Konsumen Indonesia Berbelanja Online 1 Kali Per Bulan

Dalam survei tersebut tercatat, sebagaimana dikutip pada Kamis (19/8/2021), delapan dari 10 (82 persen) konsumen Indonesia mulai berbelanja secara online setidaknya 1 kali per bulan. Bahkan satu dari empat konsumen berbelanja secara online beberapa kali dalam seminggu atau lebih.

The Trade Desk juga menemukan dua kepribadian pembelanja online yang tecermin dalam riset ini yaitu pembelanja terencana dan impulsif.

Dari survei itu diketahui hampir 64 persen pembelanja online aktif menggambarkan diri mereka sebagai pembelanja terencana di mana mereka sudah merencanakan dan mempelajari apa yang akan dibelanjakan sebelum berbelanja.

Namun, selama festival belanja online, beberapa dari pembelanja terencana ini menjadi impulsif, di mana hal ini tercermin dari peningkatan proporsi pembelanja impulsif sebesar hampir 2 kali lipat.

Faktanya, 42 persen dari pembelanja terencana mengaku berbelanja lebih banyak selama festival belanja online. Hal ini sekaligus memberikan peluang bagi pemasar untuk mengembangkan strategi yang dapat menjangkau dan memengaruhi para pembelanja tersebut.

Country Manager The Trade Desk di Indonesia Florencia Eka mengatakan, festival belanja online menghadirkan tantangan sekaligus peluang bagi pemasar.

"Dengan 1 dari 2 konsumen tertarik untuk mempelajari brand baru, maka pemasar modern harus menjalani strategi pemasaran secara menyeluruh dan fokus dalam mendorong unsur fundamental dari brand untuk mempertahankan pelanggan dengan tingkat loyalitas yang rendah," ujarnya dalam pemaparan survei yang dilakukan secara virtual, Kamis (19/8/2021).

Menurutnya, dalam moment belanja online, pemasar harus konsisten berinvestasi untuk meningkatkan brand awareness berkesempatan untuk merebut pelanggan baru dari kompetitor.

Selain itu, lanjut dia, brand yang berulang kali berhasil menjangkau konsumen dalam perjalanan pembeliannya lebih cenderung memengaruhi secara positif para pembeli yang terencana yang sudah mempersiapkan belanjaan jauh sebelum festival belanja online berlangsung.

Perlu diketahui, survei ini dilakukan secara online pada tanggal 08 - 12 Juli 2021. Total sampel yang diperoleh adalah 2.181 orang dewasa.

https://money.kompas.com/read/2021/08/19/134000026/survei--8-dari-10-konsumen-indonesia-berbelanja-online-1-kali-per-bulan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke