Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dirut RNI: Holding BUMN Pangan Rampung Akhir September 2021

Direktur Utama RNI Arief Prasetyo Adi menyebut, saat ini prosesnya masuk dalam tahap harmonisasi Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) antar perusahaan BUMN yang tergabung di dalamnya.

"Bapak Menteri BUMN (Erick Thohir) melakukan Rapat Terbatas dengan Presiden (Jokowi) pada beberapa waktu lalu, September 2021 terbentuk holding pangan. Di sana ada 8 BUMN pangan," kata Arief Prasetyo Adi dalam soft launching Beras Rania di Jakarta, Kamis (19)/8/2021).

Arief menuturkan, ada beberapa tahapan yang masih harus dilalui beberapa BUMN sebelum September. Sebelum ditandatangani presiden, salah satu tahapannya adalah pembentukan perseroan

"Perum Perindo sudah selesai prosesnya sehingga Perindo sudah sah menjadi PT (Perseroan Terbatas)," ucap Arief.

Tahap lainnya adalah merger 6 BUMN klaster pangan sejenis yang bentuknya per-grup sesuai bidang masing-masing.

Misalnya antara PT Perikanan Nusantara (Persero) atau Perinus dengan Perum Perikanan Indonesia (Persero) atau Perindo. Dua perusahaan tersebut tergabung dalam grup perikanan.

Asal tahu saja, holding pangan terdiri dari 8 perusahaan, meliputi PT BGR Logistics (Persero), PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), Perum Perikanan Indonesia, dan PT Perikanan Nusantara (Persero).

Lalu, ada PT Sang Hyang Seri (Persero), PT Pertani (Persero), PT Garam (Persero), dan PT Berdikari (Persero).

"Kedua adalah merger BUMN-BUMN klaster pangan sejenis. Ada 6 BUMN klaster pangan, di perikanan (ada) Perinus-Perindo, sekarang lagi harmonisasi tinggal tunggu tandatangan presiden. Kedua di Pertanian ada Sang Hyang Seri dan Pertani. Ketiga BUMN Logistik dengan PPI," tutur Arief.


Lebih lanjut Arief menuturkan, proses harmonisasi BUMN holding pangan ini dibidik oleh beberapa kementerian, termasuk kementerian teknis seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Perindustrian.

Kementerian lainnya adalah Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Hukum dan HAM, Sekretariat Negara (Setneg), dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

"Minggu depan adalah harmonisasi RPP Holding, nanti Kemenkumham dan kita semua akan harmonisasi. Mudah-mudahan akhir September 2021 itu prosesnya bisa berjalan dengan lancar," pungkas Arief.

https://money.kompas.com/read/2021/08/19/161959926/dirut-rni-holding-bumn-pangan-rampung-akhir-september-2021

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke