Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cair Hari Ini, Cek Status Penyaluran BSU Rp 1 Juta di Kemnaker.go.id

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mulai melakukan pencairan bantuan subsidi upah (BSU) sebesar Rp 1 juta kepada masing-masing penerima.

Terbaru, pada tahap II, pemerintah telah menyalurkan bantuan tersebut kepada 2,25 juta pekerja.

Sementara untuk penyaluran subsidi gaji tahap I, dengan total penerima 1.000.200 calon penerima, baru 947.0000 pekerja yang telah menerima bantuan sebesar Rp 1 juta tersebut.

Secara keseluruhan, pemerintah menargetkan total penerima bantuan subsidi upah sebanyak 8,7 juta dengan total anggaran Rp 8,79 triliun.

Pekerja yang menjadi penerima BSU pun bisa melakukan cek status penyaluran BSU melalui laman resmi Kementerian Ketenagakerjaan, yakni di kemnaker.go.id.

Berikut adalah langkah untuk melakukan cek status penyaluran BSU 2021:

Jika pekerja memiliki rekening Bank Himbara, atau Bank Syariah Indonesia (khusus wilayah Aceh), maka dana BSU 2021 akan langsung ditransfer ke rekening Anda.

Namun jika pekerja belum memiliki rekening Himbara atau BSI, maka akan dibuatkan rekening kolektif oleh Kemnaker yang bekerja sama dengan pihak bank dan perusahaan tempat bekerja.


Syarat Penerima BSU

Untuk diketahui, bantuan subsidi upah Rp 1 juta diberikan dengan tujuan untuk melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi pekerja dari dampak pandemi Covid-19.

Penyaluran bantuan subsidi tahun ini diberikan sebesar Rp 500.000 dalam dua bulan, yang akan diberikan sekaligus Rp 1 juta.

Berikut adalah syarat penerima bantuan subsidi upah:

https://money.kompas.com/read/2021/08/20/143814726/cair-hari-ini-cek-status-penyaluran-bsu-rp-1-juta-di-kemnakergoid

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke