Salin Artikel

Ini Tips Berburu Cuan Bagi Investor Milenial

Head of Investment and Insurance Tokopedia, Marissa Dewi mengungkapkan, Tokopedia mencatatkan selama 3 tahun terakhir terjadi kenaikan lebih dari 68 kali lipat untuk jumlah pengguna reksa dana.

"Peningkatan transaksi jual-beli emas lewat Tokopedia Emas juga bertumbuh hampir 27 kali lipat selama lebih dari dua tahun ke belakang," ujarnya dalam siaran pers, Jumat (20/8/2021).

Namun demikian, investasi dan penggunaan platform digital tentunya harus diimbangi dengan pengetahuan berinvestasi yang memumpuni oleh para investor. Jika tidak, maka investor akan menanggung risiko atas pilihan investasi yang dilakukan.

Untuk itu, Marisa berbagi tips bagi milenial yang ingin berburu cuan lewat investasi, antara lain:

1. Pilih Investasi Sesuai Kebutuhan

Menurut Marisa, generasi milenial dapat memulai dengan memilih jenis investasi yang sesuai kebutuhan. Misalnya, masyarakat yang mencari pilihan investasi jangka pendek, yaitu sekitar 1-2 tahun, misalkan melalui instrument reksa dana.

Sementara untuk investasi jangka panjang 4-5 tahun investor bisa berinvestasi pada instrument logam mulia emas. Saat ini investasi logam mulia bisa juga dilakukan secara online, sehingga bisa lebih efektif.

2. Pastikan Produk Investasi yang Aman

Marisa menjelaskan, memilih produk investasi yang aman sangat penting dilakukan. Salah satu cara mengetahui legalitas investasi adalah dengan mengecek izin perusahaan investasi di otoritas jasa keuangan (OJK).

Selain itu, investor juga perlu memastikan penyajian portofolio laporan investasi harus secara transparan.

3. Tentukan Tujuan Berinvestasi

Untuk berinvestasi, investor juga harus mengetahui tujuan berinvestasi, apakah jangka panjang, pendek, atau menengah. Dengan cara tersebut, maka investor akan mengetahui jenis instrument apa yang sesuai dengan tujuan.

“Generasi milenial dapat merencanakan investasi untuk menikah, liburan atau tujuan lain melalui fitur yang pengguna untuk memudahkan pengguna menabung untuk tujuan tertentu,” jelas Marisa.

4. Mulai dari Nominal Kecil

Saat ini ada banyak platform investasi yang menyediakan tabungan investasi dari nominal terkecil. Misalkan saja dari Rp 10.000 untuk reksa dana, atau beli mas online secara mencicil. Dengan cara tersebut, Anda tentunya akan lebih mudah dalam melakukan investasi secara efektif.

“Menyisihkan sebagian kecil dari penghasilan dapat menjadi permulaan yang baik bagi generasi milenial untuk mulai belajar investasi secara bertahap,” jelas dia.

5. Buat Jadwal Menabung

Anda juga bisa melakukan pengaturan jadwal untuk menabung pada instrumen investasi Anda.

Melalui pengaturan investasi yang terjadwal, Anda akan lebih disiplin dalam berinvestasi, dan tentunya target yang sudah Anda siapkan akan tercapai tepat waktu melalui sikap disiplin menabung tersebut.

https://money.kompas.com/read/2021/08/20/144716326/ini-tips-berburu-cuan-bagi-investor-milenial

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.